PERHATIAN: BAHAYA MENYEBARKAN HADITS PALSU

PERHATIAN: BAHAYA MENYEBARKAN HADITS PALSU

Akhir-akhir ini tersebar sebuah hadits yang dinisbatkan kepada Nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi was salam, namun tidak ada di dalam kitab-kitab hadits.
Yaitu hadits yang berbunyi:

مَنْ عَظَّمَ مَوْلِدِيْ كُنْتُ شَفِيْعًا لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
مَنْ أَنْفَقَ دِرْهَمًا فِي مَوْلِدِى فَكَأَنَّمَا أَنْفَقَ جَبَلًا مِنْ ذَهَبٍ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ
“Barangsiapa mengagungkan hari kelahiranku, maka kelak aku akan memberi syafaat kepadanya di hari kiamat.
Dan barangsiapa berinfak satu dirham untuk merayakan hari kelahiranku, maka ia seakan menginfakkan emas sebesar gunung di jalan Allah.”

Walaupun ada ulama menyebutkan di dalam kitabnya, dan disampaikan oleh sebagian orang yang dianggap ahli, namun ini tidak cukup sebagai bukti bahwa itu sebagai hadits Nabi.
Karena hadits Nabi harus ada rujukan kitab hadits yang jelas dan sanad yang diterima.

BAHAYA BERDUSTA ATAS NABI NABI

Berdusta atas nama seseorang, walaupun bukan orang yang mulia, merupakan dosa besar, maka bagaimana jika berdusta atas nama Nabi, yang perkataan dan perbuatannya merupakan syari’at? Pasti, berdusta atas nama Nabi shollallohu 'alaihi wasallam merupakan kemungkaran dan dosa yang besar.
Imam Al-Bukhari meriwayatkan:

عَنْ الْمُغِيرَةِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ , مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ "
Dari Al-Mughirah rodhiyallohu ‘anhu, dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya berdusta atasku tidak seperti berdusta atas orang yang lain.
Barangsiapa berdusta atasku dengan sengaja, maka hendaklah dia mengambil tempat tinggalnya di neraka”. (HR. Bukhari, no. 1229)

Berdusta atas nama Nabi shollallohu 'alaihi wasallam adalah berdusta di dalam syari’at, sehingga dampaknya mengenai seluruh umat, maka dosanya lebih besar dan hukumannya lebih berat.
Di dalam hadits lain, Nabi shollallohu 'alaihi wasallam menegaskan:

لَا تَكْذِبُوا عَلَيَّ فَإِنَّهُ مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ فَلْيَلِجْ النَّارَ
Janganlah kamu berdusta atasku, karena sesungguhnya barangsiapa berdusta atasku, maka silahkan dia masuk ke neraka. (HR. Bukhari, no. 106; Muslim, no. 1)

Inilah sedikit tulisan yang kami sampaikan semoga bermanfaat.
Semoga Alloh selalu memudahkan kita untuk melaksanakan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan.
Dan selalu membimbing kita di atas jalan kebenaran menuju sorga-Nya yang penuh kebaikan.

Ditulis oleh Muslim Atsari,
Sragen, Dhuha Rabu, 9-Robi’ul Awwal-1444 H / 5-Oktober-2022 M

Tidak ada komentar: