Sebaik-baik Perhiasan Wanita Shalihah

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،قَالَ:الدُّنْيَا مَتَاعٌ، وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ (رواه مسلم)
Artinya: “Dari Abdullah bin Amr, bahwasannya Rasulullah saw bersabda: Dunia adalah tempat kesenangan serta keindahan, dan sebaik-baik keindahan adalah wanita shalihah”. (HR.Muslim)

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist :


1- Wanita shalihah adalah wanita yang cantik lahir dan bathin, ia memiliki kecantikan asli atau ideal. Secara fisik bersih dari benda-benda haram. Sedangkan secara bathin bersih dari kotoran kejiwaaan seperti syirik, nifaq,dll.Wanita shalihah adalah wanita yang ia cinta kepada Allah dan Rasul-Nya yang ia wujudkan dalam amal keseharian.Wanita shalihah adalah perhiasan atau keindahan terbaik dunia.

2- Salah satu ciri wanita shalihah adalah menjaga penampilan dhahir yang mana penampilan dhahir ini harus senantiasa sesuai dengan tuntunan Allah swt yang termaktub dalam al-Qur’an dan tuntunan Rasululah saw yang termaktub dalam hadits-hadits shahih.

3- Sehingga sudah selayaknya seorang suami itu bersikap kepada istrinya dengan sikap-sikap yang terbaik. Ketika sang istri sudah berusaha taat dan berusaha melayani kebutuhan-kebutuhan suami, sang istri sudah berusaha menjadi wanita shalihah, maka sang suami juga selayaknya bersikap yang demikian kepada sang istri.


4- Imam Qurtubi berkata kriteria wanita shalihah, sebagai mana sabda nabi : - apabila dipandang suaminya menyenangkan. - apabila diperintahkan suaminya menta'ati.- apabila suaminya meninggalkannya bisa menjaga diri dan harta suaminya.

Tema hadist yang berkaitan dengan al quran :

- Kriteria wanita shalihah

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ
Maka wanita yang saleh ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri di balik pembelakangan suaminya oleh karena Allah telah memelihara (mereka). An Nisa : 34)

Tidak ada komentar: