Jangan sembaragan "Like" postingan di sosial media

Jangan sembaragan "Like" postingan di sosial media, terutama postingan yg penuh kemaksiatan, seperti konten2 konyol yg tdk berfaedah, dusta, adu domba, menyesatkan, joged2, mengumbar aurat dan sebagainya.

Ingatlah, Meski ini hanya dunia maya tapi dosa dan pertanggung jawabannya adalah nyata. 

Dan kelak tangan kita juga akan bicara dihadapan Allah atas apa yg kita kerjakan ketika didunia. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,

الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَى أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.” (QS. Yasin: 65)

Ayat di atas memberikan pelajaran bagi kita bahwa seluruh anggota badan akan memberikan kesaksian di hadapan Allah ﷻ,
Di sana tidak ada lagi waktu untuk berbohong dan mengelak, Sebab semuanya akan memberikan kesaksian apa adanya atas apa yg dulu kita perbuat ketika didunia.

Karena itu sebagai seorang muslim kita harus merenungkannya, Dan tidak patut seorang yg mengaku dirinya sebagai muslim lalu ketika melihat sebuah kemaksiatan ia justru menyukai, mendukung bahkan ikut menyebarkannya.

Sebab sikap seorang muslim yg beriman harus memiliki kecemburuan yg tinggi ketika melihat sebuah kemaksiatan, ia tidak boleh cuek dan diam saja, Ia harus berusaha sebisa mungkin mencegahnya dengan tanganya, lisannya dan minimal dengan hatinya yaitu ia mengingkari atau membencinya.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

 مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَراً فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ اْلإِيْمَانِ
“Barangsiapa di antara kalian yang menyaksikan suatu kemungkaran maka hendaklah ia merubahnya dengan tangannya, jika ia tidak mampu maka dengan lisannya, maka jika ia tidak mampu dengan hatinya dan itulah selemah-lemah iman”.  [HR. Muslim, no. 49]

Dalam hadits diatas disebutkan ada tiga cara untuk mencegah kemungkaran, dan yg selemah-lemahnya adalah dgn hati yaitu dengan sikap mengingkari atau membenci kemaksiatan itu.

Maka sikap tidak memberikan like, membenci dan memblokir sebuah postingan yg menampilkan kemaksiatan adalah termasuk bagian dari Amar ma'ruf nahi munkar.

✍ Habibie Quotes.

Tidak ada komentar: