Dana Darurat dalam Keuangan Keluarga

Dana Darurat dalam Keuangan Keluarga

Dana darurat/emergency cost adalah penyisihan sebagian porsi gaji untuk biaya jaga2 yang sifatnya darurat/urgen. Darurat bisa berupa problem kesehatan, pembayaran pos luar biasa, persiapan resign, dll.

Oleh sebagian pakar perencana keuangan, dana darurat ini diformulasikan 1 jiwa = 3x pengeluaran per bulan.

Misal pengeluaran per jiwa dewasa per bulan 1 juta.

Jika anda masih bujang, maka oleh sebagian pakar perencana keuangan, anda disarankan mempunyai tabungan dana darurat minimal 1 jiwa x 3 x 1 juta = 3 juta. 

Jika anda saat itu sudah menikah dan mempunyai 2 anak kecil(pengeluaran anak per bulan 500rb), maka disarankan mempunyai tabungan darurat = (2 dewasa x 3 x 1 juta) + (2 anak x 3 x 500rb) = 6 juta + 3 juta = 9 juta

Ini menurut sudut pandang perencana keuangan. Formula angka 3 di tengah adalah asumsi bahwa saat terjadi masalah darurat, setidaknya ada tabungan bertahan hidup untuk 3 bulan.

Jika menurut sudut pandang islam, maka pondasi keimanan dan ketaqwaan harus diutamakan terlebih dahulu drpd sekedar membuat tabungan dana darurat. Yaitu :

1. Brgsiapa bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan berikan solusi atas permasalahanya, dan memberikan dia rezeki dari arah yg tdk disangka2 (ath thalaq ayat 2-3)

2. Barangsiapa bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupi kebutuhannya (ath thalaq ayat 3)

3. Barangsiapa bertaqwa kepada Allah niscaya Allah akan menjadikan urusannya selalu dalam keadaan mudah.(ath thalaq ayat 4)

Kedua ayat di atas adalah pondasi keimanan dan ketaqwaan yang sangat penting dibutuhkan setiap muslim dlm menghadapi problematika kehidupan, salah satunya dana darurat.

Setelah pondasi keimanan dan ketaqwaan kokoh, langkah selanjutnya adalah berikhtiar dengan merencanakan tabungan dana darurat. Pondasi keimanan dan ketaqwaan yg kokoh akan membantu kita berhusnuzhan kpd Allah, mensyukuri nikmat yg ada serta bersabar atas musibah di awal terjadinya. Ikhtiar merencanakan tabungan darurat adalah langkah alternatif dlm rangka membangun solusi. Dana darurat bukan satu-satunya solusi. Allah yang menakdirkan segala sesuatu, termasuk problematika kehidupan. Allah juga yang menciptakan solusinya. Syarat agar dibukakan solusi sudah Allah terangkan di ayat di atas.

Perencana keuangan syariah hendaknya menanamkan terlebih dulu pondasi keimanan dan ketaqwaan kpd Allah, agar solusi yg dibangun bukan hanya solusi keuangan. Tetapi solusi dr Yang Maha Memberikan Rezeki.

Muhammad Arifin Masruri
Penulis buku Cara SEHAT dalam Mengelola Keuangan Keluarga.

SEHAT : Syar'i minded, Efektif, Hemat, Andal, Tertib

#catatan_musafir

Special promo : Rp 99k udah dapat : ebook pdf keuangan keluarga + kalkulator excel keuangan keluarga + video penjelasan kalkulator excel keuangan keluarga

Order : wa.me/6282135665563

Tidak ada komentar: