Jangan Sia-siakan Bulan Ramadhan

Lihatlah begitu banyak orang yang terhalang dari nikmat bulan Ramadhan ini, baik karena ajal menjemput, karena terhalang pekerjaan yang berat, karena sakit, karena ketidak mampuan beribadah sebagaimana mestinya, atau karena mereka sesat dan masa bodoh terhadap bulan ramadhan yang mulia ini.

Karena itu jika Allah telah memberi kita kemudahan untuk melakukan ibadah di bulan Ramadhan, maka jangan sia-sia kan kesempatan ini. Sebab bertemu Ramadhan adalah merupakan nikmat yg besar.

Berkata Al-Allamah Saleh Al-Fauzan حَفِظَهُ اللهُ :

 "فإن من أدرك شهر رمضان،ومكّنه الله من الانتفاع به،فقد أنعم الله عليه نعمة عظيمة لا يعدلها شيء 
"Barangsiapa yang mendapati bulan ramadhan, dan Allah Ta’ala memberi kepadanya kesempatan untuk mengambil manfaat darinya, maka sungguh Allah Ta’ala telah memberikan kepadanya nikmat yang besar yang tidak bisa dibandingkan dengan sesuatu apapun." (مجالس رمضان ص11)

Jika engkau tidak bisa memperbanyak ibadah bangun malam, maka hendaknya engkau memperbanyak sedekah.

Jika engkau tidak mampu bersedekah, maka hendaklah engkau perbanyak membaca Al-Qur'an. 

Jika engkau tidak mampu memperbanyak membaca Al-Qur'an, maka hendaklah engkau perbanyak berdzikir.

Jika engkau tidak mampu memperbanyak berdzikir, maka minimal engkau menjaga lisan mu, serta anggota badan mu dari sesuatu yang merusak dan medzalimin kemuliaan bulan ini. 

Demi Allah sungguh merugi orang yang menyia-nyiakan bulan ini. Sungguh merugi orang yang tidak memanfaatkannya.

Maka jika kita tidak bisa menyambut kedatangan (Ramadhan) dengan baik, maka mudah-mudahan kita bisa melepasnya dengan baik.

Ya Allah... Kami memohon taufiq dan kekuatan pada Mu, sungguh tidak ada daya untuk menghindarkan diri dari maksiat selain dengan perlindugan dari Mu. Dan tidak ada kekuatan untuk melaksanakan ketaatan selain dengan pertolongan Mu.

Semoga Allah Ta'ala menerima amal ibadah kita di bulan Ramadhan dan memberikan kemudahan kepada kita semua dalam ketaatan serta melaksanakan amal shalih. Aamiin.
.
.
Habibie Quotes

Tidak ada komentar: