LAILATUL QODAR DI MALAM GENAP

Berkata SYAIKHUL ISLAM IBNU TAIMIYAH  رحمه الله تعالى:

"الحمد لله ليلة القدر فى العشر الاواخر من شهر رمضان هكذا صح عن النبى أنه قال هى في العشر الأواخر من رمضان وتكون فى الوتر منها . لكن الوتر يكون بإعتبار الماضي فتطلب ليلة احدى وعشرين ولية ثلاث وعشرين وليلة خمس وعشرين وليلة سبع وعشرين وليلة تسع وعشرين ، ويكون باعتبار ما بقي كما قال النبى : لتاسعة تبقى لسابعة تبقى لخامسة تبقى لثالثة تبقى . فعلى هذا : اذا كان الشهر ثلاثين  يكون ذلك ليال الإشفاع وتكون الاثنين وعشرين تاسعة تبقى وليلة اربع وعشرين سابعة تبقى ، وهكذا فسره ابو سعيد الخدري فى الحديث الصحيح وهكذا أقام النبى صلى الله عليه و سلم فى الشهر . وإن كان الشهر تسعا وعشرين كان التاريخ بالباقى كالتاريخ الماضى .
"Alhamdulillah, Lailatul Qadar terjadi pada sepuluh terakhir dari bulan Ramadhan, demikianlah telah shahih dari Nabi صلى الله عليه وسلم, bahwa beliau bersabda : (Lailatul Qadar terjadi pada 10 terakhir bulan Ramadhan). Dan Lailatul Qadar terjadi pada Ganjil nya. akan tetapi bilangan ganjil adalah:

=> Teranggap dari hari hari yang sudah lewat, maka Lailatul Qadar dicari pada hari ke 21, 23, 25, 27, dan 29.

=> teranggap pada hari hari tersisa. sebagaimana sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم: ( pada 9 hari yang tersisa, 7 hari yang tersisa, 5 hari yang tersisa, dan 3 hari yang tersisa).

Maka atas dasar ini, _apabila bilangan bulan 30 hari_ malam malam tersebut adalah malam malam Genap,

Sehingga Lailatul Qadar malam ke 22 dari 9 hari yang tersisa, malam ke 24 dari 7 hari yang tersisa, demikianlah Abu Sa'id Al Khudri رضي الله عنه menafsirkan nya dalam hadits yang shahih, 

demikian pula Nabi صلى الله عليه وسلم menghidupkan malam pada bulan Ramadhan. 

Namun bila Bilangan bulan 29 hari maka hitungan tanggal yang tersisa seperti hitungan dari hari yang lewat." selesai...

(Majmu' Fatawa  ( 25 / 285 ))

Tidak ada komentar: