HUKUM TIDUR DISAAT KHUTBAH JUMAT DAN MAKNA SIA-SIA


๐ŸŽ“ Fadhilatus Syaikhain Ibnu Baaz & Ibnu 'Utsaimin ุฑุญู…ู‡ู…ุง ุงู„ู„ّٰู‡ ุชุนุงู„ู‰.

๐Ÿ“ž Pertanyaan:

Sebagian orang mereka tidur disaat khutbah jumat (berlangsung) maka apakah jika kami membangunkan mereka kami termasuk kedalam orang-orang yang berbuat sia-sia sehingga tidak ada jumat baginya?

๐Ÿ” Jawaban:

๐Ÿ’ฆ๐Ÿ’ค Dianjurkan membangunkan mereka dengan perbuatan bukan dengan ucapan; karena berucap di waktu khutbah tidak dibolehkan; berdasarkan sabda Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam:

(ุฅุฐุง ู‚ู„ุช ู„ุตุงุญุจูƒ ุฃู†ุตุช ูŠูˆู… ุงู„ุฌู…ุนุฉ ูˆุงู„ุฅู…ุงู… ูŠุฎุทุจ ูู‚ุฏ ู„ุบูˆุช) ู…ุชูู‚ ุนู„ู‰ ุตุญุชู‡.
"Apabila engkau katakan kepada teman engkau "diamlah" di hari jumat dan imam sedang berkhutbah maka engkau telah sia-sia". [Disepakati keshahihannya]

⚠️ dan Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam menamakannya dengan "sia-sia" padahal dia melakukan amar ma'ruf, maka hal itu menunjukkan atas wajibnya diam dan haramnya berbicara disaat khutbah, dan Alloh lah pemberi taufiq.

๐ŸŒ http://www.binbaz.org.sa/mat/4697

๐ŸŽ“ Berkata Syaikh Ibnu 'Utsaimin ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ّٰู‡ : Orang yang sia-sia yaitu orang yang tidak mendapatkan jumat baginya, dan makna dia tidak mendapatkan jumat baginya ialah bahwa dia diharamkan dari pahala jumat; karena jumat nya telah batal, sehingga pahala yang dihasilkan atas jumat tersebut diharamkan darinya, perbuatannya ini yang sudah dia lakukan yang menyebabkan sia-sia.

๐ŸŒ http://binothaimeen.net/content/11049

__✏️ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh ุบูุฑ ุงู„ู„ّٰู‡ ู„ู‡ ูˆู„ูˆุงู„ุฏูŠู‡.
—----------------------------------------------

✏️ุงู„ุณูˆุงู„ : ุจุนุถ ุงู„ู†ุงุณ ูŠู†ุงู…ูˆู† ุฃุซู†ุงุก ุฎุทุจุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ูู‡ู„ ู„ูˆ ุฃูŠู‚ุธู†ุงู‡ู… ู†ูƒูˆู† ู…ู…ู† ู„ุบู‰ ูู„ุง ุฌู…ุนุฉ ู„ู‡؟

๐Ÿ“ุงู„ุฌูˆุงุจ : ูŠุณุชุญุจ ุฅูŠู‚ุงุธู‡ู… ุจุงู„ูุนู„ ู„ุง ุจุงู„ูƒู„ุงู…؛ ู„ุฃู† ุงู„ูƒู„ุงู… ููŠ ูˆู‚ุช ุงู„ุฎุทุจุฉ ู„ุง ูŠุฌูˆุฒ؛ ู„ู‚ูˆู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…:(ุฅุฐุง ู‚ู„ุช ู„ุตุงุญุจูƒ ุฃู†ุตุช ูŠูˆู… ุงู„ุฌู…ุนุฉ ูˆุงู„ุฅู…ุงู… ูŠุฎุทุจ ูู‚ุฏ ู„ุบูˆุช) ู…ุชูู‚ ุนู„ู‰ ุตุญุชู‡، ูˆุณู…ุงู‡ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ุงุบูŠุงً ู…ุน ุฃู†ู‡ ุขู…ุฑ ุจุงู„ู…ุนุฑูˆู، ูุฏู„ ุฐู„ูƒ ุนู„ู‰ ูˆุฌูˆุจ ุงู„ุฅู†ุตุงุช ูˆุชุญุฑูŠู… ุงู„ูƒู„ุงู… ุญุงู„ ุงู„ุฎุทุจุฉ، ูˆุงู„ู„ู‡ ุงู„ู…ูˆูู‚. ุงู„ุดูŠุฎ :ุฅุจู† ุจุงุฒ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡

ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุงุจู† ุนุซูŠู…ูŠู† ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ ูˆุงู„ู„ุงุบูŠ ู‡ูˆ ุงู„ุฐูŠ ู„ุง ุฌู…ุนุฉ ู„ู‡، ูˆู…ุนู†ู‰ ูƒูˆู†ู‡ ู„ุง ุฌู…ุนุฉ ู„ู‡ ุฃู†ู‡ ูŠุญุฑู… ู…ู† ุฃุฌุฑ ุงู„ุฌู…ุนุฉ؛ ู„ุฃู† ุฌู…ุนุชู‡ ุชุจุทู„، ูุงู„ุฃุฌุฑ ุงู„ู…ุชุฑุชุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุฌู…ุนุฉ ูŠุญุฑู… ู…ู†ู‡ ู‡ุฐุง ุงู„ุฐูŠ ูุนู„ ู…ุง ูŠู‚ุชุถูŠ ุงู„ู„ุบูˆ.

Tidak ada komentar: