AZAB DI AKHIRAT AKIBAT TINGGALKAN SHALAT


Allah 'Azza wa Jalla berfirman :

مَا سَلَكَكُمۡ فِي سَقَرَ، قَالُواْ لَمۡ نَكُ مِنَ ٱلۡمُصَلِّينَ
"Apa yg menyebabkan kamu "masuk" ke dlm (neraka) Saqar?" Mereka menjawab, "Dahulu kami tidak termasuk orang2 yg melaksanakan shalat" (QS. 74 : 42 - 43)

فَخَلَفَ مِنۢ بَعۡدِهِمۡ خَلۡفٌ أَضَاعُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَٱتَّبَعُواْ ٱلشَّهَوَٰتِۖ فَسَوۡفَ يَلۡقَوۡنَ غَيًّا
"Kemudian datanglah setelah mereka, pengganti yang mengabaikan shalat & mengikuti keinginannya, maka mereka kelak akan tersesat" (QS. Maryam : 59)

Malaikat Jibril dan Mikail telah berkata kpd Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam :
"Adapun orang yang pertama kali kamu datangi, yaitu yg kepalanya dipecahkan dengan batu, sesungguhnya dia adalah seseorang yang mempelajari Al-Qur'an, kemudian ia "menolaknya", dan ia juga tidur dari menunaikan shalat wajib"(HR. Bukhari no.1143, 7047 & Ahmad V/8-9)

Asy-Syaikh Zaid bin Muhammad bin Haadi al-Madkhali رحمه الله berkata :

إذا كان إبليس طرد و أبعد بسبب امتناعه عن سجدة واحدة أمر بها، فما بالكم -أيها العقلاء- بجزاء من يمتنع عن أداء خمس صلوات في كل يوم و ليلة و التي تشمل عل أربع و ثلاثين سجدة مفروضة ؟؟
"Apabila iblis diusir dan dijauhkan (oleh Allah "dari rahmat-Nya)" dengan sebab penolakannya dari perintah Allah untuk sekali sujud (kepada Nabi Adam), maka bagaimana kiranya "wahai orang-orang berakal" dengan balasan yang diterima orang yg "enggan" menunaikan shalat 5 waktu pada setiap hari pagi dan petang, yg terkumpul padanya "34 kali sujud" yg diwajibkan !!??" (Al-Afnaan An-Nadiyyah 343/1)

✍ Ustadz Najmi Umar Bakkar
Instagram : @najmiumar_official

Tidak ada komentar: