Yakinlah, bahwa rezeki kita sudah Allah jamin


RENUNGAN-NASEHAT

♥️Yakinlah, bahwa rezeki kita sudah Allah jamin, Sebab selama kita masih hidup maka selama itu pula jatah rezeki kita akan tetap ada.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لو أن ابن آدم هرب من رزقه كما يهرب من الموت لأدركه رزقه كما يدركه الموت
“Kalaulah anak Adam lari dari rezekinya sebagaimana ia lari dari kematian, niscaya rezekinya akan mengejarnya sebagaimana kematian itu akan mengejarnya.” [As-Silsilah ash-Shahihah 952]⁣

Allah yang memberikan rezeki kepada kita disaat sehat, dan Allah pula yang memberikan rezeki kepada kita disaat sakit.

"Lalu Apa yang membuat kita khawatir?"

Allah yang memberikan rezeki kepada kita disaat dalam kandungan, dan Allah pula yang memberikan rezeki kepada kita disaat dewasa.

"Lalu Apa yang membuat kita khawatir?"

Allah yang memberikan rezeki kepada kita sebelum menikah, dan Allah pula yang memberikan rezeki kepada kita setelah menikah.

"Lalu Apa yang membuat kita khawatir?"

Dikatakan kepada Salamah bin Dinar rahimahullah: “Apakah engkau tidak melihat barang-barang telah mahal?”

Lalu beliau berkata: “Apa yang membuat kalian khawatir? Sesungguhnya Zat yang memberikan rezeki kepada kita di saat barang-barang murah adalah Zat yang memberikan rezeki kepada kita di saat barang-barang mahal.” [Hilyatul Auliya 3/239]

Karena itu mari jadikan setiap keadaan yg telah Allah takdirkan sebagai ladang kebaikan, kita tidak perlu terlalu sedih dan khawatir soal rezeki. sebab kewajiban kita adalah beribadah kepada Allah, Dan Dia yang akan menjamin rezeki kita, sebagaimana yang telah Dia janjikan kepada setiap makhluknya.

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,

“Fokuskanlah pikiranmu untuk memikirkan apapun yang diperintahkan Allah kepadamu. Jangan menyibukkannya dengan rezeki yang sudah dijamin untukmu. Karena rezeki dan ajal adalah dua hal yang sudah dijamin, selama masih ada sisa ajal, rezeki pasti datang. Jika Allah -dengan hikmahNya- berkehendak menutup salah satu jalan rezekimu, Dia pasti dengan rahmatNya membukan jalan lain yang lebih bermanfaat bagimu.

🌷Barakallahu fiikum.

Tidak ada komentar: