Bolehkah buka Hijab dihadapan orang gila ?

Pertanyaan: Bolehkah membuka hijab dihadapan lelaki gila permanen (yang tidak memiliki dorongan syahwat terhadap wanita)?

Jawab:
Ada perincian, bisa diperbolehkan - bisa juga tidak.-

Jikalau didapati orang gila permanen yang benar-benar dipastikan tidak ada rasa ketertarikan pada wanita dan sudah terbukti berkali-kali ketika wanita datang dihadapannya (tidak ada hasrat). Maka ia dikategorikan sebagai lelaki tabi'in ghoiru Ulil irbah, sehingga boleh wanita tersebut membuka hijab dihadapannya (dengan menampakkan kepala, rambut, leher, tangan hingga siku-siku, kaki dari lutut kebawah).

Dalam Al-Qur'an, Allah Subhanahu Wata'ala berfirman:

{أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الإرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ}
"atau dihadapan lelaki Tabi'ina ghoiru Ulil irbah (yang tidak mempunyai keinginan/ hasrat (terhadap wanita))." (QS. An-Nur: 31)
----------

Syeikh Dr. Utsman Al-Khumais dalam fatwanya di channel YouTube nya (9 February 2020); 

خلع الحجاب أمام المجنون لا بأس، إذا كان جنونه كامل، لا يعقل ولا يفهم. ولكن إذا جنونه يأتي ويذهب فلا تخلع الحجاب.
"Wanita membuka hijab dihadapan lelaki gila tidak mengapa, jikalau gilanya benar-benar sempurna (atau gila permanen), tidak berakal dan tidak memahami apa saja. Akan tetapi jikalau gilanya kadang datang, kadang pergi (artinya kadang gila kadang tidak) maka tidak diperbolehkan melepas hijab".
-------

Hanya saja, jikalau didapati sebagian orang gila yang ternyata masih memiliki hasrat dan ketertarikan kepada wanita, dan selalu mengejar-ngejar wanita maka hendaknya tidak membuka hijab dihadapannya.

Dalam Islamweb, dibawah asuhan Syeikh Abdullah Al-Faqih, no. 38303 menerangkan:

فقد نص الشافعية على وجوب احتجاب النساء من المجنون، قال شيخ الإسلام زكريا الأنصاري: ويلزمهن الاحتجاب منه -أي المراهق- كالمجنون. انتهى. ووجه ذلك أن كثيراً من المجانين كغيرهم من العقلاء في اشتهاء النساء. والله أعلم.
"Ulama' Syafi'iyyah menetapkan bahwa wanita wajib berjilbab dari orang gila. Syeikhul Islam Zakariya al-Ansari berkata: Mereka wajib berhijab darinya - yaitu dari lelaki remaja (murohaq) - sebagaimana berhijab dihadapan orang gila. selesai keterangan Syeikh Zakaria. Alasannya adalah banyak juga orang gila seperti orang waras lainnya, yaitu berhasrat terhadap wanita. Wallahu A'lam."
---------

Referensi:
- Al-Qur'anul Karim, Surat Annur
- fatwa Islamweb, dibawah asuhan Syeikh Abdullah Al-Faqih

Oleh: Dr. (can) Lilik Ibadurrahman, M.Pd

Tidak ada komentar: