Kitab pengantar utama ilmu jurnalistik karya Prof Mansur Utsman

Kitab Jurnalistik Arab
 
Pengantar Utama Ilmu Jurnalistik, demikian judul buku ini jika diterjemahkan secara bebas. Buah karya Prof. Dr. Mansur Utsman Muhammad Zein.

Saya dapati buku ini tepat di depan pintu utama Maktabah Rusyd. Jadi teringat masa-masa itu: mengamati, turun ke lapangan, dan tulis berita.

Buka sekilas, isi buku ini menarik. Muatan materinya memang sangat dasar. Ya wajar, namanya juga pengantar. Hanya istimewanya ditulis menggunakan bahasa Arab.


Setelah saya foto, saya jadikan cover buku ini status di WA dengan caption "Pengantar Jurnalistik Versi Bahasa Arab". Beberapa menit kemudian, seorang teman jurnalis yang bergabung pada Media Center Haji (MCH) 2023 ini langsung komen dengan pesan suara: "Mas, keren nih ada buku jurnalistik berbahasa Arab. Saya punya keinginan bikin biro atau web berita di Saudi."

Saya beri penjelasan ringkas bahwa secara teori, buku-buku jurnalistik berbahasa Arab sangat banyak. Bahkan di King Saud University telah lama di buka jurusan media mulai jenjang S1 hingga S3.
 
Adapun pembuatan media, berbeda dengan kita di Indonesia yang setiap orang bisa jadi wartawan dan bisa mendirikan lembaga media. Di Saudi tidak bisa seperti itu. Aturan dan regulasinya berbeda dengan negara kita, karena bentuk dan sistem pemerintahannya pun tidak sama.
 
Untuk materi dasar jurnalistik, dalam buku berbahasa Arab pun sama, tak jauh dari pembahasan 5 W + 1 H, faktual, menarik, dan update.

Tidak ada komentar: