Milyuner Inggris asif aziz beli gedung Trocadero lalu dijadikan masjid


๐ŸŒ๐Ÿ‡ฌ๐Ÿ‡ง CATATAN ANTI ISLAMOFOBIA: GEDUNG TERKENAL DI LONDON AKAN MENJADI ISLAMIC CENTER ๐ŸŒฟ

Sabtu, 11 Muharom 1445 H. / 29 Juli 2023.

Gedung Trocadero, satu gedung ikonik di daerah terkenal antara Piccadilly dan Soho di kota London, negara Britania Raya (Inggris), insyaa Allaah berubah menjadi Masjid dan Islamic Center setinggi 3 lantai. 

Dan insyaa Allaah terbuka untuk semua kaum Muslimiin maupun yang bukan.

Gedung itu dibeli oleh Asif Aziz, seorang Milyuner Ingris asal Malawi, yang juga dikenal sebagai Mr. West End.

Pengajuan izin perubahan landmark menjadi masjid ini telah memperoleh izin dari otoritas setempat. 

Sebelumnya, Aziz pernah mengajukan izin membangun masjid berkapasitas 1.000 orang, tetapi rencana itu dibatalkan karena adanya penentangan dari warga.

Tapi, seperti dilansir oleh The Daily Mail, sekarang Dewan Westminster dilaporkan telah menyetujui masjid tiga lantai untuk 390 jamaah.

Gedung Trocadero dibeli oleh Asif Aziz seharga lebih dari 220 juta pound sterling atau setara Rp 4,3 Triliun pada tahun 2005. Diyakini, dia mendirikan masjid melalui yayasan badan amalnya, Aziz Foundation.

https://youtu.be/bzC5u9AQHKE

Lihat juga:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230718142252-269-974874/trocadero-landmark-di-london-yang-diubah-menjadi-masjid

https://www.arabnews.com/node/2339001/offbeat

Renungan:

Al-Miqdad ibn al-Aswad al-Kindiy menuturkan hadis bahwa ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah - shollallohu 'alaihi wa sallam - bersabda:

ู„ุงَ ูŠَุจْู‚َู‰ ุนَู„َู‰ ุธَู‡ْุฑِ ุงْู„ุฃَุฑْุถِ ุจَูŠْุชُ ู…َุฏَุฑٍ ูˆَู„ุงَ ูˆَุจَุฑٍ ุฅِู„ุงَّ ุฃَุฏْุฎَู„َู‡ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ูƒَู„ِู…َุฉَ ุงู„ْุฅِุณْู„ุงَู…ِ ุจِุนِุฒِّ ุนَุฒِูŠุฒٍ ุฃَูˆْ ุฐُู„ِّ ุฐَู„ِูŠู„ٍ ุฅِู…َّุง ูŠُุนِุฒُّู‡ُู…ْ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَุฒَّ ูˆَุฌَู„َّ ูَูŠَุฌْุนَู„ُู‡ُู…ْ ู…ِู†ْ ุฃَู‡ْู„ِู‡َุง ุฃَูˆْ ูŠُุฐِู„ُّู‡ُู…ْ ูَูŠَุฏِูŠู†ُูˆْู†َ ู„َู‡َุง
'Tidak akan tersisa di muka bumi ini satu rumah pun baik di kota atau di kampung, kecuali Allaah akan memasukkan ajaran Islaam di dalamnya dengan kemuliaan yang dimuliakan atau kehinaan yang dihinakan.' 'Allah akan memuliakan mereka sehingga mereka menjadi pemeluknya, atau sebaliknya menghinakan mereka sehingga mereka tunduk kepada Islam.' (HR. Ahmad, al-Baihaqi, al-Hakim, 'Ibnu Hibban, al-Haytsami, 'Ibnu Mandah dan al-Ashbahani) ๐ŸŒฟ


๐ŸŒ๐ŸŒบ Allaah Subhaanahu Wa Ta'aala berfirman:

ุงُุฏْุนُ ุงِู„ٰู‰ ุณَุจِูŠْู„ِ ุฑَุจِّูƒَ ุจِุง ู„ْุญِูƒْู…َุฉِ ูˆَุง ู„ْู…َูˆْุนِุธَุฉِ ุงู„ْุญَุณَู†َุฉِ ูˆَุฌَุง ุฏِู„ْู‡ُู…ْ ุจِุง ู„َّุชِูŠْ ู‡ِูŠَ ุงَุญْุณَู†ُ ۗ ุงِู†َّ ุฑَุจَّูƒَ ู‡ُูˆَ ุงَุนْู„َู…ُ ุจِู…َู†ْ ุถَู„َّ ุนَู†ْ ุณَุจِูŠْู„ِู‡ٖ ูˆَู‡ُูˆَ ุงَุนْู„َู…ُ ุจِุง ู„ْู…ُู‡ْุชَุฏِูŠْู†َ
Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Beliaulah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya, dan Beliaulah yang lebih mengetahui siapa yang mendapatkan petunjuk. (QS. An-Nahl: 125)

๐ŸŒบ

ูˆَุงِ ู†َّู‡ٗ ู„َุนِู„ْู…ٌ ู„ِّู„ุณَّุง ุนَุฉِ ูَู„َุง ุชَู…ْุชَุฑُู†َّ ุจِู‡َุง ูˆَุง ุชَّุจِุนُูˆْู†ِ ۗ ู‡ٰุฐَุง ุตِุฑَุง ุทٌ ู…ُّุณْุชَู‚ِูŠْู…ٌ
Dan sungguh, (kedatangan) dia ('Isa) benar-benar menjadi pertanda akan datangnya Hari Kiamat. Karena itu, janganlah kamu ragu-ragu tentang (Kiamat) itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus. (QS. Az-Zukhruf: 61)

ูˆَุงِ ู†ْ ู…ِّู†ْ ุงَู‡ْู„ِ ุงู„ْูƒِุชٰุจِ ุงِู„َّุง ู„َูŠُู€ุคْู…ِู†َู†َّ ุจِู‡ٖ ู‚َุจْู„َ ู…َูˆْุชِู‡ٖ ۚ ูˆَูŠَูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠٰู…َุฉِ ูŠَูƒُูˆْู†ُ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ุดَู‡ِูŠْุฏًุง 
Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya ('Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia ('Isa) akan menjadi saksi mereka. (QS. An-Nisaa': 159)

ูƒَุง ู†َ ุงู„ู†َّุง ุณُ ุงُู…َّุฉً ูˆَّุง ุญِุฏَุฉً ۗ ูَุจَุนَุซَ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ุงู„ู†َّุจِูŠّูٖ†َ ู…ُุจَุดِّุฑِูŠْู†َ ูˆَู…ُู†ْุฐِุฑِูŠْู†َ ۖ ูˆَุงَ ู†ْุฒَู„َ ู…َุนَู‡ُู…ُ ุงู„ْูƒِุชٰุจَ ุจِุง ู„ْุญَู€ู‚ِّ ู„ِูŠَุญْูƒُู…َ ุจَูŠْู†َ ุงู„ู†َّุง ุณِ ูِูŠْู…َุง ุงุฎْุชَู„َูُูˆْุง ูِูŠْู‡ِ ۗ ูˆَู…َุง ุงุฎْุชَู„َูَ ูِูŠْู‡ِ ุงِู„َّุง ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุงُูˆْุชُูˆْู‡ُ ู…ِู†ْۢ ุจَุนْุฏِ ู…َุง ุฌَุงุٓกَุชْู‡ُู…ُ ุงู„ْุจَูŠِّู†ٰุชُ ุจَุบْูŠًุงۢ ุจَูŠْู†َู‡ُู…ْ ۚ ูَู‡َุฏَู‰ ุงู„ู„ّٰู‡ُ ุงู„َّุฐِูŠْู†َ ุงٰู…َู†ُูˆْุง ู„ِู…َุง ุงุฎْุชَู„َูُูˆْุง ูِูŠْู‡ِ ู…ِู†َ ุงู„ْุญَู€ู‚ِّ ุจِุงِ ุฐْู†ِู‡ٖ ۗ ูˆَุง ู„ู„ّٰู‡ُ ูŠَู‡ْุฏِูŠْ ู…َู†ْ ูŠَّุดَุงุٓกُ ุงِู„ٰู‰ ุตِุฑَุง ุทٍ ู…ُّุณْุชَู‚ِูŠْู…ٍ
Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allaah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberikan keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka sendiri. Maka dengan kehendak-Nya, Allaah memberikan petunjuk kepada mereka yang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allaah memberikan petunjuk kepada siapa yang Beliau kehendaki ke jalan yang lurus. (QS. Al-Baqarah: 213)

ู‚ُูˆْู„ُูˆْุۤง ุงٰู…َู†َّุง ุจِุง ู„ู„ّٰู‡ِ ูˆَู…َุงۤ ุงُู†ْุฒِู„َ ุงِู„َูŠْู†َุง ูˆَู…َุงۤ ุงُู†ْุฒِู„َ ุงِู„ٰูۤ‰ ุงِุจْุฑٰู‡ูٖ…َ ูˆَุงِ ุณْู…ٰุนِูŠْู„َ ูˆَุงِ ุณْุญٰู‚َ ูˆَูŠَุนْู‚ُูˆْุจَ ูˆَ ุงู„ْุงَ ุณْุจَุง ุทِ ูˆَู…َุงۤ ุงُูˆْุชِูŠَ ู…ُูˆْุณٰู‰ ูˆَุนِูŠْุณٰู‰ ูˆَู…َุงۤ ุงُูˆْุชِูŠَ ุงู„ู†َّุจِูŠُّูˆْู†َ ู…ِู†ْ ุฑَّุจِّู‡ِู…ْ ۚ ู„َุง ู†ُูَุฑِّู‚ُ ุจَูŠْู†َ ุงَุญَุฏٍ ู…ِّู†ْู‡ُู…ْ ۖ ูˆَู†َุญْู†ُ ู„َู‡ٗ ู…ُุณْู„ِู…ُูˆْู†َ
Katakanlah: "Kami berimaan kepada Allawh, dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan 'Isa serta kepada apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka." "Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka dan kami berserah diri kepada-Nya." (QS. Al-Baqarah: 136)

Alhamdulillaah.

- Catatan ATM (Abu Taqi Mayestino) -

#GNAI
#GerakanNasionalAntiIslamofobia
➖➖➖➖➖➖

Tambahan:

1. Leo Tolstoy (1828-1910)

"Islam akan menguasai dunia suatu saat nanti, sebab ia menggabungkan antara ilmu pengetahuan dan hikmah"

2. Herbert Wells (1846-1946)

"Hingga akhirnya Islam kembali lagi, betapa banyak generasi yang akan merasakan kesengsaraan kemudian suatu waktu nanti dunia seluruhnya akan tunduk pada Islam, pada saat itu kedamaian akan terwujud dan kembali menjadi tenang."

3. Albert Einstein (1879-1955)

"Saya memahami bahwa kaum muslimin melakukan itu semua dikarenakan kecerdasan dan kesadaran mereka, sesuatu yang tidak mungkin mampu dilakukan oleh orang-orang Yahudi. Dalam Islam ada kekuatan dan hikmah yang akan membawa kepada kedamaian."

4. Houston Smith (1919)

"Ada yang lebih baik daripada keimanan yang kita anut sekarang ini, dialah Islam. Jika kita mau membuka hati dan akal kita itu akan sangat baik bagi kita."

5. Michael Nostrodamus (1566-1503)

"Islam akan menjadi agama yang berkuasa di Eropa, dan salah satu kota terkenal di Eropa akan menjadi ibukota negeri Islam."

6. Bertrand Russell (1872-1970)

"Saya telah membaca tentang Islam dan saya akhirnya tahu bahwa Islamlah agama yang akan menjadi agama seluruh dunia dan semua manusia. Islam akan menyebar di seluruh sudut-sudut Eropa, dan akan datang waktunya Islam menjadi penggerak hakiki dunia ini."

7. Gustaf Lebon (1841-1931)

"Islam adalah agama satu-satunya yang berbicara tentang perdamaian dan perbaikan serta ajakan kepada orang-orang Nasrani untuk menghargai keimanan yang membawa kebaikan."

8. Bernard Shaw (1856-1950)

"Suatu hari dunia keseluruhan akan menerima Islam sebagai satu-satunya agama. Seandainya mereka tidak menerima dengan namanya yang sebenarnya, pasti mereka akan meminjam subtansi ajaran Islam. Tapi pasti barat akan menerima Islam suatu hari. Dan Islam adalah satu-satunya agama yang akan memimpin dunia."

9. Yohan Jits (1749-1832)

"Wajib bagi kita semua menerima Islam cepat atau lambat. Dialah agama yang sebenar-benarnya. Andai saya diajak masuk Islam saya tidak akan merasa sebagai sebuah keburukan, bahkan itu saya anggap sebagai sebuah kenyataan."

Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan kita sebagai seorang muslim.

****

Diterjemahkan oleh Ahsanur Ahmad.
Dari status Facebook Dr. Ali Asshallaby (Ahli sejarah dan penulis ensiklopedi sejarah Islam).

Tidak ada komentar: