Jangan Putus asa atas musibah yang menimpa anda


Jangan bersedih dan putus asa atas masalah yang menimpa kita, sebab bisa jadi itu cara Allah menghapus dosa² kita dan meninggikan derajat kita.

Dari Abu Sa’id dan Abu Hurairah, mereka mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا يُصِيبُ الْمُؤْمِنَ مِنْ وَصَبٍ وَلاَ نَصَبٍ وَلاَ سَقَمٍ وَلاَ حَزَنٍ حَتَّى الْهَمِّ يُهَمُّهُ إِلاَّ كُفِّرَ بِهِ مِنْ سَيِّئَاتِهِ
“Tidaklah seorang mukmin tertimpa suatu musibah berupa rasa sakit (yang tidak kunjung sembuh), rasa capek, rasa sakit, rasa sedih, dan kekhawatiran yang menerpa melainkan dosa-dosanya akan diampuni” (HR. Muslim no. 2573).

Dari Mu’awiyah, ia berkata bahwa ia mendengar sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

مَا مِنْ شَىْءٍ يُصِيبُ الْمُؤْمِنَ فِى جَسَدِهِ يُؤْذِيهِ إِلاَّ كَفَّرَ اللَّهُ عَنْهُ بِهِ مِنْ سَيِّئَاتِه
“Tidaklah suatu musibah menimpa jasad seorang mukmin dan itu menyakitinya melainkan akan menghapuskan dosa-dosanya” (HR. Ahmad 4: 98. Syaikh Syu’aib Al Arnauth berkata bahwa sanadnya shahih sesuai syarat Muslim)

Selalu ada hikmah di balik ujian hidup yang menimpa kita, maka hendaknya bagi seorang muslim tetap sabar dan berbaik sangka kepada Allah subhanallahu wa ta'ala.

Semoga atas musibah apapun yang kita terima, Allah mengampuni dosa² kita, melipat gandakan pahala kita serta memberikan jalan keluar setiap masalah yang kita hadapi.

✍️Habibie Quotes

Tidak ada komentar: