6 TIPS AGAR ANAK SOPAN SANTUN


Sopan santun, adab atau akhlak sangat diperlukan anak kita dalam hubungan sosial dengan orang lain.

Dengan adab, akhlak dan sopan santun yang baik, anak kita akan mampu hidup berdampingan dengan orang lain secara baik, selain pahala dari Allah.

Perlu ada kerjasama yang erat antara orang tua di rumah dan guru di sekolah di dalam rangka menanamkan adab dan sopan santun yang baik.

Yang perlu kita lakukan yaitu :

1. Doa 

Orang tua dan guru, terus mendoakan kebaikan kepada anak, agar menjadi anak yang shalih, rajin ibadah dan berakhlak mulia.

2. Tanamkan Kecintaan 

Perlu diajari apa itu sopan santun dan manfaatnya menjadi anak sopan. Bacakanlah keutamaan adab dan akhlak mulai yang ada di dalam Al Qur'an dan As Sunnah. Bacakanlah pula kisah-kisah yang indah tentang orang-orang yang berakhlak mulia, manfaat yang mereka dapatkan.

3. Beri pemahaman

Adab dan etika harian yang harus dilakukan, bagaimana cara :

- etika dalam bertutur kata 
- etika makan minum
- etika bertemu
- etika bertamu
- dll

4. Biasakan

Pembiasaan harian doa dan dzikir, salam, senyum, sapa dan salaman saat bertemu. Menolong teman, menyayangi teman. Tiap hari kita nasihatkan dan kita pesankan, sebelum dan sepulang sekolah.
Agar menjadi karakter yang melekat di dalam kehidupan sehari-hari 

5. Contoh Keteladanan 

Orang tua dan guru, saat memanggil anak dengan lembut, jangan berteriak-teriak. Biasakan kasih sayang dan hindari bentakan dan kekerasan.

6. Pilih lingkungan yang baik

Baik lingkungan rumah, lingkungan sekolah maupun lingkungan bermain anak. Jangan sampai etika yang buruk menular dari teman. Termasuk penggunaan media sosial.

Semoga Allah memberi kemudahan 
Baarakallah fiikum 

------------------------
Sekolah Sunnah Al Falah
Garingan, Tlingsing, Cawas, Klaten

Bermanfaat Untuk Umat

Tidak ada komentar: