7 Manfaat Bersedekah


عَنْ أَسْمَاءَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَنْفِقِي وَلَا تُحْصِي فَيُحْصِيَ اللَّهُ عَلَيْكِ وَلَا تُوعِي فَيُوعِيَ اللَّهُ عَلَيْكِ
Dari Asma Radhiyallahu 'anhu Rasulullah ﷺ bersabda: Bersedekahlah, jangan engkau menghitung-hitungnya, agar Allah tidak menghitung-hitung pemberian-Nya kepadamu dan janganlah engkau menumpuk-numpuk (harta dengan tidak bersedekah) agar Allah tidak kikir kepadamu”. (HR. Bukhari No: 2402)

Beberapa Pelajaran yang terdapat dalam Hadits:

1. Mengeluarkan sedekah tidak akan membuat miskin seseorang, dengan sedekah akan menambah berkah. Sedekah bisa menambah umur. 

Nabi ﷺ  bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah ﷻ akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani)

2. Pahala sedekah akan dilipat gandakan. Allah Ta’ala berfirman: 

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18)

3. Lipatan pahala sedekah pasti berlipat. 

Allah berfirman : “Perumpamaan orang-orang yang mendermakan harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrahNya) lagi Maha Mengetahui“.
(QS. Al-Baqarah: 261)

4. Sedekah dapat menghapuskan dosa-dosa. 

Nabi ﷺ bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api“. (HR. At-Tirmidzi)

5. Pahala sedekah mengalir terus hingga kiamat datang.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi ﷺ  bersabda: “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: Shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya.“

6. Sedekah sebagai tameng di alam kubur. 

Nabi ﷺ  bersabda: “Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan orang mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya“. (HR. At-Thabrani)

7. Sedekah menjadi tabir dari neraka. 

Nabi ﷺ  bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma“. (Muttafaqun ‘alaih)

Tema Hadits yang Berkaitan dengan Al-Qur'an:

Allah Azza wa Jalla berfirman :

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْ‍‍رَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّ‍‍ضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْ‍‍رٌ كَ‍‍رِيمٌ
Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. (QS. Al-Hadid : 18)

مَثَلُ الَّذِينَ يُ‍‍نْفِ‍‍قُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَ‍‍تَتْ سَ‍‍بْ‍‍عَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُ‍‍نْبُ‍‍لَةٍ مِّ‍‍ائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَ‍‍نْ يَّ‍‍شَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah : 261)

Tidak ada komentar: