Ditipu 300 juta untuk bisa berhaji ternyata pakai visa ziyarah

"Dibayar juga saya gamau lagi untuk haji seperti ini" 

Itu adalah ucapan Pak Samsudin asal makassar yang mengeluarkan uang 300 juta untuk haji dengan visa ziyarah.. Beliau ga paham kalau ternyata pake visa ziyarah.. Beliau pikir kalau bayar 300 juta itu bakal dapat haji resmi vip.. Ternyata beliau ditipu travelnya, ternyata pake visa ziyarah yang harganya cuma 8-15 jutaan.. Beliau diminta ngumpet di kamar sampai Arafah.. Beliau menunjukkan gelang haji PALSU yang diberikan travelnya biar dikira jamaah haji resmi Indonesia.. saat jelang Arafah, semua jurus (negatif) dikeluarkan travelnya hingga akhirnya bisa masuk arafah.. Beliau mengatakan ibadah gada tenangnya sama sekali.. 

Begitulah kenyataan di lapangan, banyak orang lugu yang gak ngerti apa-apa yang ditipu pihak travel. Haji dengan visa ziyarah ini banyak sekali pelanggarannya: tasreh palsu, gelang palsu, risywah (suap), dan ambil margin yang kelawat batas. Biaya 300 juta per orang itu pihak travel bisa dapat untung 100-150 juta per orang. Benar-benar kapitalisasi ibadah. Mending resmi. Udah mahal, bodong pula. 

Yuk kita bantu edukasi keluarga dan sahabat agar tidak ada lagi yang tertipu dengan visa selain haji, apapun namanya. 

Ya Rabb.. Berilah kami kemudahan untuk menunaikan haji dengan tenang dan sesuai sunnah Rasulullah shallallahi alaihi wasallam.

Tidak ada komentar: