Menikah Sambil Kuliah, Kenapa Tidak?

Apakah pernikahan bisa menjadi penghalang seseorang untuk menuntut ilmu? Karena kebanyakan pemuda dan pemudi menjadikannya sebagai alasan (menunda pernikahan). Apa pendapat Anda tentang seseorang mahasiswa yang menikah sementara dia masih belajar di Universitas?
Menikah Sambil Kuliah, Kenapa Tidak?

Jawab:

Pernikahan bukanlah penghalang bagi seseorang untuk menuntut ilmu jika dia memiliki sesuatu untuk memberi nafkah. Taruhlah saja seandainya dia tidak memiliki nafkah, dan dia khawatir jika menikah tidak bisa mencari nafkah sambil kuliah, ketika itulah bisa jadi pernikahan adalah penghalang baginya untuk kuliah. 

Meskipun demikian, kami pribadi tidak menganjurkan para pemuda menunda pernikahan walaupun dalam kondisi diatas. Bahkan kami tegaskan, Menikahlah! Allah Subhanahu wa Ta’ala yang akan mencukupimu dan keluargamu.

Dalam sebuah hadits disebutkan,

إن ثلاثة حق على الله عونهم 
“Tiga golongan yang berhak mendapatkan pertolongan dari Allah.”

Disebutkan salah satu diantara mereka adalah

المتزوج يريد العفاف 
“Seorang yang menikah demi menjaga kehormatannya.”

Bersegeralah menikah wahai saudaraku meskipun engkau seorang mahasiswa. Bisa jadi pernikahanmu menjadi sebab terbukanya pintu rezeki untukmu sebagaimana yang kita saksikan di sebagian orang. (Silsilah Al Liqa Asy Syahri, 8/12)

Marja': Tathbiiq Fatawa Ibn Utsaimin Lianduruwid
(Nailul Authar)
-----------------------------------------------------------
dibutuhkan donasi perpanjang sewa domain, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama Atri Yuanda. konfirmasi via whatsapp ke 085362377198. donasi masuk masih nol.semoga menjadi amal jariah

1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu

Menikah Sambil Kuliah, Kenapa Tidak?
-->