Hidup Bahagia Menjadi Penduduk Surga (sedikit catatan)

๐Ÿ“š Sifat-sifat ahli surga

1. Hati penduduk surga adalah bersih tanpa hasad, tanpa dengki, tanpa dendam dan keburukan hati lainnya. Semua permasalahannya telah diselesaikan oleh Allah ๏ทป sebelum masuk surga.

‎ูˆَู†َุฒَุนْู†َุง ู…َุง ูِูŠ ุตُุฏُูˆุฑِู‡ِู… ู…ِّู†ْ ุบِู„ٍّ ุฅِุฎْูˆَุงู†ًุง ุนَู„َู‰ٰ ุณُุฑُุฑٍ ู…ُّุชَู‚َุงุจِู„ِูŠู†َ
Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka, sedang mereka merasa bersaudara duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan. (QS Al Hijr 47)

2. Di surga tidak ada kata yang sia-sia. Semua perkataan mereka adalah keindahan.

‎ู„َุง ูŠَุณْู…َุนُูˆู†َ ูِูŠู‡َุง ู„َุบْูˆًุง ูˆَู„َุง ุชَุฃْุซِูŠู…ًุง
Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa, (QS Al Waqiah 25)
berdoa dekat kabah

3. Penduduk surga tidak pernah letih atau lelah. Dan tidak pernah tidur.

‎ุงู„َّุฐِูŠ ุฃَุญَู„َّู†َุง ุฏَุงุฑَ ุงู„ْู…ُู‚َุงู…َุฉِ ู…ِู† ูَุถْู„ِู‡ِ ู„َุง ูŠَู…َุณُّู†َุง ูِูŠู‡َุง ู†َุตَุจٌ ูˆَู„َุง ูŠَู…َุณُّู†َุง ูِูŠู‡َุง ู„ُุบُูˆุจٌ
Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu". (QS Al Fatir 35)

‎ู„َุง ูŠَู…َุณُّู‡ُู…ْ ูِูŠู‡َุง ู†َุตَุจٌ ูˆَู…َุง ู‡ُู… ู…ِّู†ْู‡َุง ุจِู…ُุฎْุฑَุฌِูŠู†َ
Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan mereka sekali-kali tidak akan dikeluarkan daripadanya. (QS Al Hijr 48)

4. Seluruh permintaan penghuni surga dikabulkan.

‎ุชَุฑَู‰ ุงู„ุธَّุงู„ِู…ِูŠู†َ ู…ُุดْูِู‚ِูŠู†َ ู…ِู…َّุง ูƒَุณَุจُูˆุง ูˆَู‡ُูˆَ ูˆَุงู‚ِุนٌ ุจِู‡ِู…ْ ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุง ูˆَุนَู…ِู„ُูˆุง ุงู„ุตَّุงู„ِุญَุงุชِ ูِูŠ ุฑَูˆْุถَุงุชِ ุงู„ْุฌَู†َّุงุชِ ู„َู‡ُู… ู…َّุง ูŠَุดَุงุกُูˆู†َ ุนِู†ุฏَ ุฑَุจِّู‡ِู…ْ ุฐَٰู„ِูƒَ ู‡ُูˆَ ุงู„ْูَุถْู„ُ ุงู„ْูƒَุจِูŠุฑُ
Kamu lihat orang-orang yang zalim sangat ketakutan karena kejahatan-kejahatan yang telah mereka kerjakan, sedang siksaan menimpa mereka. Dan orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal saleh (berada) di dalam taman-taman surga, mereka memperoleh apa yang mereka kehendaki di sisi Tuhan mereka. Yang demikian itu adalah karunia yang besar. (QS As Syura 22)

‎ู„َู‡ُู…ْ ูِูŠู‡َุง ูَุงูƒِู‡َุฉٌ ูˆَู„َู‡ُู… ู…َّุง ูŠَุฏَّุนُูˆู†َ
Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta. (QS Yasin 57)

5. Segala kenikmatan surga tidak pakai menunggu. Semua kenikmatan langsung dihidangkan.

‎ู…َّุซَู„ُ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ ุงู„َّุชِูŠ ูˆُุนِุฏَ ุงู„ْู…ُุชَّู‚ُูˆู†َ ุชَุฌْุฑِูŠ ู…ِู† ุชَุญْุชِู‡َุง ุงู„ْุฃَู†ْู‡َุงุฑُ ุฃُูƒُู„ُู‡َุง ุฏَุงุฆِู…ٌ ูˆَุธِู„ُّู‡َุง ุชِู„ْูƒَ ุนُู‚ْุจَู‰ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุงุชَّู‚َูˆุง ูˆَّุนُู‚ْุจَู‰ ุงู„ْูƒَุงูِุฑِูŠู†َ ุงู„ู†َّุงุฑُ
Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman); mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa, sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka. (QS Ar Rad 35)

6. Bau tubuh penghuni surga adalah harum yang tidak pernah seharum di bumi. Fisiknya bersih, seluruh penghuninya cantik dan tampan yang tidak pernah ada di bumi.

ู„ِّู„َّุฐِูŠู†َ ุฃَุญْุณَู†ُูˆุง ุงู„ْุญُุณْู†َู‰ٰ ูˆَุฒِูŠَุงุฏَุฉٌ ูˆَู„َุง ูŠَุฑْู‡َู‚ُ ูˆُุฌُูˆู‡َู‡ُู…ْ ู‚َุชَุฑٌ ูˆَู„َุง ุฐِู„َّุฉٌ ุฃُูˆู„َٰุฆِูƒَ ุฃَุตْุญَุงุจُ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ ู‡ُู…ْ ูِูŠู‡َุง ุฎَุงู„ِุฏُูˆู†َ
Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Yunus 26)

7. Di surga tidak ada siang malam, seluruh waktunya adalah indah dan sejuk.

8. Surga bertingkat-tingkat, yang tertinggi adalah Surga Firdaus. Rasulullah ๏ทบ bersabda, "Muntalah surga yang tertinggi, Surga Firdaus".

9. Penduduk surga menikmati bidadari.

‎ูِูŠู‡ِู†َّ ู‚َุงุตِุฑَุงุชُ ุงู„ุทَّุฑْูِ ู„َู…ْ ูŠَุทْู…ِุซْู‡ُู†َّ ุฅِู†ุณٌ ู‚َุจْู„َู‡ُู…ْ ูˆَู„َุง ุฌَุงู†ٌّ
Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin. (QS Ar Rahman 56)

‎ูƒَุฃَู†َّู‡ُู†َّ ุงู„ْูŠَุงู‚ُูˆุชُ ูˆَุงู„ْู…َุฑْุฌَุงู†ُ
Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan. (QS Ar Rahman 58)

‎ูِูŠู‡ِู†َّ ุฎَูŠْุฑَุงุชٌ ุญِุณَุงู†ٌ
Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik. (QS Ar Rahman 70)

‎ูƒَุฃَู…ْุซَุงู„ِ ุงู„ู„ُّุคْู„ُุคِ ุงู„ْู…َูƒْู†ُูˆู†ِ
laksana mutiara yang tersimpan baik. (QS Al Waqiah 23)

Demikian yang dapat kami catat sedikit ini. Semoga bermanfaat untuk penulis dan yang membaca.

Semoga kita dimasukkan oleh Allah ๏ทป di surga tertinggi.

oleh Ust DR Firanda Andirja

Ditulis oleh Abu Aurel Reza

Ahad 18 Sya'ban 1438 / 14 Mei 2017
1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu
broadcast whatsapp dakwahpost

Hidup Bahagia Menjadi Penduduk Surga (sedikit catatan)
-->