ANTARA 10 AWAL DZULHIJJAH DAN 10 AKHIR RAMADHAN.

❓Jika ada yang bertanya : Manakah yang lebih utama, amal ibadah di 10 awal Dzulhijjah atau 10 terkahir Ramadhan?

✅Jawabannya: Amal ibadah dan keta’atan di 10 awal Dzulhijjah lebih utama dari 10 terakhir bulan Ramadhan, sebagaimana Sabda Nabi shalallahu’alaihi wasallam:

(ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام العشر، قالوا: ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله، إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك بشيء) رواه أحمد رقم: 1968
“Tiada hari hari yang amal sholeh didalamnya lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari sepuluh (yaitu : 10 awal Dzulhijjah), mereka bertanya: bagaimana dengan jihad dijalan Allah? Beliau shalalallahu’alaihi wasallam bersabda: juga jihad diajalan Allah, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya kemudian ia tidak kembali lagi dengan membawa sesuatu apapun (artinya: ia mati syahid)”. H.R Ahmad, no. 1968.
10 AWAL DZULHIJJAH DAN 10 AKHIR RAMADHAN.

🔵Kemungkinan jawaban diatas terasa aneh bagi orang -orang awam, akan tetapi itulah sabda nabi shalallahua’alaihi wasallam yang tidak berbicara dengan hawa nafsu akan tetapi hanya dengan wahyu yang diturunkan kepadanya.

📚Para ulama menjelaskan, bahwa hari-hari yang paling utama dalam setahun adalah hari 10 awal Dzulhijjah dan malam-malam yang paling utama dalam setahun adalah malam -malam 10 terakhir bulan Ramadhan yang didalamnya terdapat Lailaturl Qadar yang lebih baik dari 1000 bulan.

⚫Oleh karenanya: mari kita merlombah-lombah untuk melakukan seluruh amal sholeh yang mampu kita lakukan di hari-hari 10 awal Dzulhijjah ini, seperti: sholat, puasa, haji, shadaqoh, dzikir, birrul walidain, silaturrahim dll.

Wallahu’ Muwaffiq.

📝Muhammad nur Ihsan, hafidzahullah.
jember, 4 Dzulhijjah 1438 H/ 26 Agustus 2017 M.
1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu
broadcast whatsapp dakwahpost

ANTARA 10 AWAL DZULHIJJAH DAN 10 AKHIR RAMADHAN.
-->