Keutamaan Membebaskan Hutang Orang yang Susah

💸Membebaskan Hutang Orang yang Susah, Maka Allah pun Membebaskannya💸

Sahabat Muslim, kalau kita mau instrospeksi diri mungkin akan kita temukan banyak dosa yang sudah kita lakukan. Dan kita akan ngeri jika tahu bahwasanya siksa Allah ta'ala sangat pedih.

Seandainya kita mendapatkan pembebasan dari Allah ta'ala, maka sungguh itu adalah keberuntungan yang besar.
Membebaskan Hutang

Tahukah Sahabat bahwa salah satu jalan yang bisa membebaskan kita dari siksaNya adalah membebaskan hutang orang yang susah.

Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

كَانَ رَجُلٌ يُدَايِنُ النَّاسَ فَكَانَ يَقُولُ لِفَتَاهُ إِذَا أَتَيْتَ مُعْسِرًا فَتَجَاوَزْ عَنْهُ لَعَلَّ اللَّهَ يَتَجَاوَزُ عَنَّا قال: فَلَقِيَ اللَّهَ فَتَجَاوَزَ عَنْهُ
"Ada seorang laki-laki yang (suka) memberi hutang kepada orang lain. Dia berkata kepada pelayannya, 'Jika engkau mendatangi orang yang kesusahan, maka bebaskanlah (hutangnya). Mudah-mudahan Allah membebaskan kita (dari siksaNya)'.

Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Maka orang itu menjumpai Allah dan Allah membebaskannya (dari siksa)'." (Muttafaq Alaih; Al-Bukhari, 6/379 dalam Al-Anbiya’ dan Muslim, 1562)
🌾🌾🌾

Dari Ibnu Mas'ud ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ اْلمَلاَئِكَةَ لَتَلَقَّتْ رُوْحَ رَجُلٍ كَانَ قَبْلَكُمْ ، فَقَالُوْا لَهُ: هَلْ عَمِلْتَ خَيْرًا قَطْ؟ قَالَ لاَ: قَالُوْا: تَذَكَّرْ، قَالَ:لاَ، إِلاَّ أَنَّيْ كُنْتُ أُدَايِنُ النَّاسُ، فَكُنْتُ آمُرُ فِتْيَانِيْ أَنْ يَنْظُرُوْا اْلمُوْسِرَ، وَيَتَجَاوَزُوْا عَنْ اْلمُعْسِرِ. قَالَ الله سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى: تَجَاوَزُوْا عَنْهُ (متفق عليه)
“Sesungguhnya para malaikat mengambil ruh seorang laki-laki sebelum (zaman) kalian, lalu mereka bertanya kepadanya, ‘Apakah engkau pernah, melakukan kebaikan meski sekali?’ Ia menjawab, ‘Tidak pernah’. Mereka berkata, ‘Ingat-ingatlah!’

Ia menjawab, ‘Tidak pernah, kecuali dahulu aku suka memberi utang kepada orang lain, dan aku perintahkan kepada para pelayanku agar mereka melihat (menagih) orang yang berkecukupan dan membebaskan (utang) orang yang miskin’.

Maka Allah berfirman, ‘Bebaskanlah dia (dari siksa)’.” (HR. Bukhari, 4/261, Muslim 1560)
🌷🌷🌷

Yuk jadi orang yang pemurah dengan membebaskan hutang orang-orang yang susah. Semoga Allah membebaskanmu. Aamiin

Ingin mendapatkan nasehat bermanfaat setiap hari ?

Yuk ikuti kami di : http://t.me/mengenalislamyuk
1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu
broadcast whatsapp dakwahpost

Keutamaan Membebaskan Hutang Orang yang Susah
-->