IBX5A47BA52847EF Wajib Tahu, Inilah Tata cara wudhu berdasarkan hadist shohih

Wajib Tahu, Inilah Tata cara wudhu berdasarkan hadist shohih



1. Membaca ‘Bismillah’. (HR. Abu Dawud no. 101, Lihat Shahih Jami’u ash-Shaghir, no. 744)

2. Membasuh kedua telapak tangan 3X. (HR. Bukhori no. 159 dan Muslim no. 226) 

3. Berkumur-kumur (madmadhoh) dan memasukkan air ke dalam hidung (istinsyaq) dengan satu cidukan tangan kanan. Kemudian air tersebut dikeluarkan (istintsar) 3X. (HR. Bukhori no. 159 dan Muslim no. 226 dan 235) 

4. Membasuh seluruh wajah 3X dan menyela-nyela jenggot (jika ada). (HR. Bukhori no. 159 dan Muslim no. 226) Batas wajah adalah dari tumbuhnya rambut di kening sampai dagu dan jenggot, dan kedua pipi hingga pinggir telinga. 

5. Membasuh tangan kanan hingga siku 3X, kemudian tangan kiri hingga siku 3X, sambil menyela-nyela jari-jemari. (HR. Bukhori no. 159 dan Muslim no. 226) 

6. Mengusap kepala dan mengusap telinga 1X. (HR. Bukhori no. 159 dan Muslim no. 226) 

7. Membasuh kaki kanan hingga mata kaki 3X, kemudian kaki kiri hingga mata kaki 3X, sambil menyela-nyela jari-jemari. (HR. Bukhori no. 159 dan Muslim no. 226) 

8. Setelah itu disunnahkan membaca do’a sebagai berikut: 

عن عمر بن الخطاب رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : ( مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُبْلِغُ أَوْ فَيُسْبِغُ الْوَضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ : أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ ، إِلا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ (رواه مسلم (234)
“Tidaklah salah seorang dari kalian berwudhu dan ia menyempurnakan wudhunya kemudian membaca, “Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, tiada sekutu bagiNya, dan Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah” melainkan akan dibukakan baginya pintu-pintu surga yang jumlahnya delapan, dan dia bisa masuk dari pintu mana saja ia mau”. (HR. Muslim no. 234 dan Abu Dawud no. 169)

( اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ التَّوَّابِينَ ، وَاجْعَلْنِي مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ ) زاد الترمذي (55) 
di riwayat imam tirmidzi no. 55 terdapat tambahan

أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنْ التَّوَّابِينَ ، وَاجْعَلْنِي مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->