Ilmu adalah pokok dari segala sesuatu

Ali bin Abi Tholib berkata:

لا خير في عبادة لا علم فيها ولا خير في علم لا فهم فيه ولا خير في قراءة لا تدبر فيها
"Tidak ada kebaikan dalam ibadah yang tidak dilandasi ilmu, tidak ada kebaikan pada ilmu yang tidak ditopang dengan pemahaman, tidak ada kebaikan dalam membaca Al-Qur'an yang tidak disertai tadabbur." (Shifatus Shofwah hal. 325)

Ilmu adalah pokok dari segala sesuatu

Ilmu adalah pokok dari segala sesuatu, dengan ilmu seseorang akan selamat dari sikap ikut-ikutan dalam beragama. Umar bin Abdil Aziz berkata, "Orang yang beribadah tanpa ilmu lebih banyak merusak daripada memperbaiki."

Ilmu tidak akan menyampaikan pemiliknya kepada tujuan bila tidak didukung dengan al-fahmu (pemahaman yang benar). Yaitu memahami maksud Allah dalam firman-Nya dan maksud Nabi shollallahu 'alaihi wasallam dalam sabdanya. Para Ulama telah mengingatkan, banyak orang yang diberi ilmu namun tidak dianugerahi pemahaman.

Hakikat tilawah bukan sekedar membaca ayat dan mempelajari tajwidnya, akan tetapi mentadabburinya yaitu memahami ayat-ayat Qur'an yang dibacanya sehingga ia dapat mengambil pelajaran dan mengamalkannya. Inilah yang dimaksud firman Allah, "Mereka membacanya (Al-Qur'an) dengan bacaan yang sebenar-benarnya." (Al-Baqoroh: 121)

Fikri Abul Hasan
join https://t.me/manhajulhaq
______________________________
support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: