-->

Benarkah Masak dengan Minyak Zaitun Bikin Kanker ?

Minyak Zaitun Bikin Kanker

Bukan hal yang baru bahwa minyak zaitun diyakini mampu membuat wajah terlihat lembap secara alami dan menjaga kesehatan tubuh. Namun ada beberapa yang mengatakan jika terus memanaskan minyak zaitun maka akan terkena penyakit kanker, fakta atau mitos?

Spesialis Gizi Klinis, dr Juwalita Surapsari, M.gizi, SpGK menyebut, hal itu adalah mitos belaka. Ia mengatakan bahwa jenis minyak zaitun ada berbagai macam, salah satunya memang sebaiknya tidak dipanaskan.

"Minyak zaitun itu ada beberapa macam, ada yang ekstra virgin yang kualitasnya paling tinggi, baiknya memang dia tidak dipanaskan dalam suhu terlalu lama, tapi bukan menyebabkan kanker, kecuali dia dipanaskan berulang-ulang kali," ujarnya dalam program Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Senin 15 April 2019.

Lebih lanjut ia juga menyebut, minyak yang digunakan untuk menggoreng berulang-ulang memang bisa menyebabkan kanker, namun jika hanya digunakan sekali tidak akan berdampak buruk. Untuk minyak zaitun, ia menyarankan tak perlu dipanaskan jika ingin dikonsumsi.

"Tapi lebih bagus dikonsumsi langsung, misalnya untuk salad. Nah minyak zaitun ini justru memiliki efek anti kanker," katanya.

Lantas, berapa kali sebaiknya mengkonsumsi minyak zaitun?

"Ada anjuran juga dari Badan Pangan dan Obat di Amerika, kalau konsumsi minyak zaitun dalam satu hari, kita konsumsi 2 sendok makan, jangan banyak-banyak," katanya. (viva.co.id)
Baca Juga
    ______________________________
    support channel youtube Mufid Jiddan dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
    ______________________________
    Info Penting:
    yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, japri via whatsapp ke 0895629036221. syukron atas perhatiannya

    Tidak ada komentar: