Status Hukum Orang Mengatakan Zina Halal

Status Hukum Orang Mengatakan Zina Halal

Syekh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya,

يا شيخ، العامي يمنع من التكفير؟

فأجاب: العامي لا يكفِّر إلا بالدليل، العامي ما عنده علم هذا المشكل، لكن الذي عنده علم بشيء معين، مثل من جحد تحريم الزنا، هذا يكفر عند العامة والخاصة، هذا ما فيه شبهة، ولو قال واحد: إن الزنا حلال، كفر عند الجميع، هذا ما يحتاج أدلة، أو قال: إن الشرك جائز يجيز للناس أن يعبدوا غير الله، هل أحد يشك في هذا؟! هذا ما يحتاج أدلة، لو قال: إن الشرك جائز يجوز للناس أن يعبدوا الأصنام، والنجوم، والجن، كفر، التوقف يكون في الأشياء المشكلة التي قد تخفى على العامي.
Wahai Syekh apakah orang awam dilarang mengkafirkan?

BELIAU MENJAWAB:
Orang awam tidak mengkafirkan kecuali dengan dalil. Orang awam tidaklah memiliki ilmu, inilah yang jadi persoalan.
Namun bagi yang punya ilmu ttg suatu hal tertentu semisal :(ada) seseorang yang mengingkari haramnya zina maka orang tersebut bisa dikafirkan baik oleh orang alim maupun orang awam, tidak ada syubhat dalam hal ini.
Begitu pula KALAU ADA YANG MENGATAKAN ZINA ITU HALAL, maka dia dikafirkan menurut semua kalangan. Yang beginian tak perlu lagi cari dalil.
Atau ada orang yang mengatakan syirik itu boleh dia membolehkan orang menyembah selain Allah, apa masih ada yang ragu akan kekafirannya? Yang beginian tak perlu lagi mencari dalil.
Sikap tawaqquf itu hanya berlaku untuk masalah yang pelik dan kadang tersembunyi (tak jelas perkaranya) di sisi orang awam."

Dari kitab Syarh Kasyf Asy-Syubuhat oleh Syekh Ibnu Baz hal. 31.

Tidak ada komentar: