status istri: kepada siapa prioritas utama memberi sedekah

Saya seorang istri (bekerja) dan mempunyai suami yg penghasilan nya lebih sedikit. Utk kebutuhan sehari2 saya hrs membantu dari penghasilan saya sendiri. Dan kebetulan mertua saya juga mpy ekonomi yg pas2an, apakah saya juga wajib membantu ekonomi Klg suami?

Maksud saya prioritas dlm memberikan sedekah itu ke siapa saja, kebetulan sy setiap bulan ada bantuan anak asuh (walaupun sedikit). Mhn pencerahan nya utk prioritas dlm memberikan sedekah itu ke siapa saja, jazakallah????
beri makan burung

Jawaban

Pertama: Sebenarnya isteri tidak ada kewajiban menafkahi suami apalagi menafkahi ortu suami, karena dalam Islam kewajiban menafkahi keluarga murni di tangan kepala keluarga, yaitu suami.

Kedua: jika isteri dg suka rela memberikan sebagian hartanya, maka itu perbuatan yg sangat mulia.

Ketiga: Jika ingin menentukan siapa yg lebih berhak dg pemberian kita, maka lihatlah dari kedekatan hubungan dg kita dan tingkat kebutuhannya.. siapa yg lebih dekat dengan kita, maka dia yg lbh berhak.. siapa yg lebih membutuhkan maka dia yg lebih berhak.

Jika ada yg mengumpulkan dua sisi tersebut, dia lebih dekat dan lebih membutuhkan, maka dia yg didahulukan, wallohu a'lam.

Semoga bermanfaat.

Ustadz Musyaffa’ Ad Dariny Lc, MA
-----------------------------------------------------------
dibutuhkan donasi perpanjang sewa domain, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama Atri Yuanda. konfirmasi via whatsapp ke 085362377198. donasi masuk masih nol.semoga menjadi amal jariah

1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu

status istri: kepada siapa prioritas utama memberi sedekah
-->