Panyakit Hati Muncul Karena Sibuk Memata-Matai Orang Lain

Bisa jadi penyakit hati muncul karena terlalu sibuk ngurus urusan orang lain. Sibuk ngurus postingan orang. Senang orang lain susah. Susah orang lain senang.

Orang gembira dia sesak. Orang berhasil dia hasad. Orang sukses dia murung. Orang posting nasehat dia baper. Susah mau ngapa-ngapain ngurusin orang.

Mending fokus bersyukur. Perbaiki kekurangan diri.

Saudaraku, Terlalu sibuk memikirkan urusan orang lain, akan merugikan diri sendiri apalagi sampai tahap "memata-matai" untuk mencari-cari keselahan saudaranya.
Panyakit Hati

Ini yang dimaksud dengan tajassus dalam ayat,

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu (memata-matai) mencari-cari kesalahan orang lain ” (Al-Hujurat : 12)

An-Nawawi menjelasakan mengenai tajassus, beliau berkata,

"Tajassus adalah mencari aurat (kesalahan-kesalahan tersembunyi orang lain, ada juga yang mengatakan mencari/memeriksa yang tersembunyi dan kebanyakannya adalah kejelekan (yang tersembunyi)." (Syarh An-Nawawi lil Muslim)

Setiap kita pasti punya kesalahan tersembunyi, tentu kita tidak ingin kesalahan itu ditampakkan karena bisa jadi kita sudah bertaubat dan menyesal.

Syaikh Al-'Utsaimin menjelaskan,

"Tidak selayaknya manusia melakukan tajassus, bahkan harus dinilai sesuai dzahir yang nampak, selama tidak ada indikasi yang tidak sesuai dengan dzahirnya." (Tafsir Surat Al-Hujurat hal. 50-51)

Demikian juga hadits larangan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam,

“Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.” (HR. Al-Bukhari no. 6064 dan Muslim no. 2563)

Demikian semoga bermanfaat

(Ustadz Raehanul Bahraen)
Powered by Blogger.