Siapa sebenarnya Ahlus Sunnah yang sejati itu..?

Semua mengaku Ahlus Sunnah. Tapi benarkah pengakuan mereka...?

🌴 Imam Hasan al-Bashri rahimahullah berkata: "Ahlus Sunnah adalah manusia yang paling sedikit pada zaman yang telah lewat, paling sedikit pada zaman yang tersisa, mereka orang-orang yang tidak ikut-ikutan dengan orang yang bermegahan dengan ahli bid'ah dalam kebid'ahan mereka, mereka sabar diatas sunnah hingga bertemu RABB mereka".

(Sunan ad-Darimi 1/83)

🌴 Ahlus Sunnah sejati adalah sebuah kelompok elit umat ini, mereka berjumlah sedikit (minoritas) mereka ibarat lentera bagi umat di sepanjang zaman, mereka begitu terasing ... merekalah manusia yang berjiwa kokoh bagaikan karang yang tidak akan hancur oleh dahsyatnya gelombang air laut (fitnah) di sepanjang zaman, merekalah manusia yang paling besar ujiannya dan terfitnah disetiap masa, merekalah yang paling kokoh laksana pasak-pasak gunung yang tidak bergeming ... hingga akhirnya merekalah yang akan menjadi pemenang diakhir perjalanan karena ditolong dan dimenangkan oleh Allah.
Ahlus Sunnah yang sejati itu

Mahhaj mereka itu :

🌴 Mereka bukanlah sekte, aliran, partai atau organisasi massa dan lainnya.

Namun mereka adalah manhaj (metode beragama), yaitu berusaha mengikuti orang-orang terdahulu dalam cara beragama mereka yaitu Rasulullah صلى الله عليه و سلم, para sahabat, tabi'in, tabi'ut tabi'in dst dari para ulama yang telah mengikuti mereka dengan baik.

🌴 Mereka suka menjelaskan bahwa cara beragama harus berdasarkan dalil-dalil yang shohih, ada contohnya atau pernah diamalkan atau dipahami oleh Rasul dan para sahabatnya, para tabi'in dan ulama-ulama yang mengikuti jejak mereka, karena cara seperti itulah yang diinginkan Allah dan Rasul-Nya dalam beragama.

🌴 Mereka menjauhi syirik dan pelakunya, sehingga menjadi jelas dan terang antara syirik dan tauhid dan antara ahli syirik dan ahli tauhid.

🌴 Mereka mengamalkan sunnah sehingga menjadi jelas antara ahli bid'ah dan ahlussunnah.

🌴 Dakwah Ahlus Sunnah tidak didirikan oleh seorang manusia pun.

Tetapi keberadaan mereka sejak diutusnya Rasululloh Muhammad صلى الله عليه و سلم. Dan mereka akan terus ada dan selalu ditolong dan dimenangkan atas semua golongan sampai hari kiamat.

Ustadz Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc
Powered by Blogger.