Mengistimewakan Shaf terdepan seperti ini Patut ditiru

Ini merupakan kebiasaan yg dilakukan oleh masyarakat di negeri2 Arab. Makanya kalo kita berziarah kesana, sering kita jumpai Masjid2 yg memiliki fasilitas seperti di foto. Mereka membuat sandaran berbentuk seperti sofa atau jok mobil di shaf terdepan (biasanya di shaf pertama dan kedua).

Perbuatan mereka seperti itu utk mengistimewakan shaf pertama, dan agar orang2 berlomba2 mendapatkan shaf pertama, selain itu juga bisa membuat orang2 semakin betah dan nyaman utk berlama2 di masjid atau di shaf pertama.
Mengistimewakan Shaf terdepan

Fungsi sandaran ini selain utk mengistimewakan shaf pertama dan membuat nyaman, juga bisa dijadikan sutrah (pembatas) bagi orang yg shalat di belakangnya. Jadi selain bisa mendapat ganjaran yg sangat banyak di shaf yg pertama, kita juga bisa mendapat kenyaman olehnya.

Ana pribadi belum pernah menemukan atau melihat masjid yg memiliki fasilitas ini di Indonesia, tapi bukan berarti tidak ada. Mungkin saja ada tanpa sepengetahuan ana pribadi. Dan ini jg bisa jadi inspirasi bagus utk para pengurus masjid yg ingin memberi kenyamanan kepada jamaahnya, meniru atau mengikuti fasilitas seperti ini.

Selain fasilitas sandaran, masjid2 di negeri Arab juga mempunyai fasilitas2 lainnya yg bisa membuat kenyamanan bagi jamaahnya. Diantaranya,

- Tersedia banyak mushaf (Alquran yg dibukukan) dan buku2 bacaan. Sehingga jamaah tidak perlu lagi mencari2 mushaf atau membawanya dari rumah. Fasilitas seperti ini juga sudah banyak di daerah kita.

- Menyediakan kulkas atau freezer, yg isinya minuman gratis. Ada juga yg isinya makanan. Biasanya utk jamaah yg sedang berpuasa sunnah atau wajib, maupun musafir atau orang yg membutuhkan.

- Menyediakan parfum pengharum ruangan. Biasanya berbentuk spray atau bukhur (seperti kayu yg dibakar, atau biasa kita mengenalnya dengan kemenyan). Parfum tsb dipakai diseluruh ruangan ketika mau masuk waktu shalat.

- Ada juga yg menyediakan kursi2. Kursi2 tsb biasanya dipakai oleh orang2tua atau orang cacat yg tidak sanggup utk berdiri ketika shalat.

- Tempat wudhu dengan fasilitas duduk. Jadi kita bisa berwudhu sambil duduk, tanpa harus susah payah utk menunduk atau jongkok.

- Alarm waktu shalat, untuk menandakan masuknya waktu adzan dan iqamah. Masjid2 di kita juga sudah banyak yg memiliki fasilitas ini, biasanya dipajang di dinding.

- Dan masih byk lagi fasilitas2 lainnya yg bisa membuat jamaah nyaman dan betah di masjid.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الْأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلَّا أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لَاسْتَهَمُوا
“Seandainya manusia mengetahui apa yang ada (yaitu keutamaan) di dalam seruan (adzan) dan shaf pertama, lalu mereka tidak bisa mendapatkan shaf tersebut kecuali dengan undian, sungguh mereka akan melakukan undian untuk mendapatkannya.” (HR. Bukhari 580)

Diriwayatkan dari Al Barra’ bin ‘Adzib bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“إن الله وملائكته يصلون على الصف المقدم، والمؤذن يغفر له مدى صوته ويصدقه من سمعه من رطب ويابس وله مثل أجر من صلى معه”
“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang di shaf awal, dan muadzin itu akan diampuni dosanya sepanjang radius suaranya, dan dia akan dibenarkan oleh segala sesuatu yang mendengarkannya, baik benda basah maupun benda kering, dan dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang shalat bersamanya” (HR. Ahmad dan An Nasa’i dengan sanad yang jayyid)

republish from whatsapp group
Powered by Blogger.