Nuzul Al-quran dalam tinjauan Historis dan Syariat

BENARKAH AL QUR'AN DITURUNKAN PADA MALAM 17 RAMADHAN..??

Al qur'an diturunkan pertama sekali secara kolektif dari Lauhul mahfudz ke baitulizzah dilangit bumi pada malam yang penuh berkah, yaitu lailatul qodar.

Kamudian turun dibawa oleh Jibril ke Nabi Muhammad shallallahu'laihi wasallam secara berangsur-angsur selama kurun waktu 23 tahun.

Dan telah nyata dan dimaklumi bahwa lailatul qadar terdapat pada malam-malam sepuluh terakhir Ramadhan, secara khusus malam -malam ganjil.
Nuzul Al-quran

Yang menjadi pertanyaan adalah: Dari mana Sumber doktrin dan kenyakinan mayoritas bahwa al quran diturunkan malam 17 Ramadhan, sedang malam tersebut bukanlah malam lailatul qadar?

Ini menunjukkan kekeliruan dan kesalahan keyakinan turunnya al qur'an pada malam 17 Ramadhan, lalu kenapa diperingati malam tersebut sebagai malam nuzul al qur'an?.

Sedangkan dari sisi agama juga tidak ada landasan ritual peringatan tersebut, karena tidak pernah dilakukan Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam dan para sahabat beliau.

‼ Dari sini jelaslah dan dipahami bahwa peringatan nuzul al qur'an pada malam 17 Ramadhan atau malam selainnya adalah suatu kekesalahan besar dan kebatilan ditinjau dari sisi historis dn landasan agamanya, dengan demikian jelaslah bid'ahnya ritual tersebut.

Dalam hadits:

من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد
"Barangsiapa Yang melakukan suatu amalan yg tidak berlandaskan perintah kami, maka amalannya tertolak".

لو كان خيرا لسبقونا إليه.
"Seandainya hal itu baik, tentu mereka (salafus sholeh) lebih mendahului kita dalam melakukannya".

Wallahu a'lam.

Jember, 17 Ramadhan 1438/ 12 Juni 2017.
Ust. Dr. Muhammad Nur Ihsan
dibutuhkan donasi perpanjang sewa domain, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) atas nama Atri Yuanda. konfirmasi via whatsapp ke 085362377198. donasi masuk masih nol. semoga menjadi amal jariah

1 orang mendapat hidayah lebih baik dari pada dunia dan isinya, yuk share
kunjungan anda kembali = penyemangat untuk update artikel selalu

Nuzul Al-quran dalam tinjauan Historis dan Syariat

-->