Sholat Hari Raya di Lapangan

Sebagaimana hadits Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu’anhu, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الفِطْرِ وَالأَضْحَى إِلَى المُصَلَّى، فَأَوَّلُ شَيْءٍ يَبْدَأُ بِهِ الصَّلاَةُ، ثُمَّ يَنْصَرِفُ، فَيَقُومُ مُقَابِلَ النَّاسِ، وَالنَّاسُ جُلُوسٌ عَلَى صُفُوفِهِمْ فَيَعِظُهُمْ، وَيُوصِيهِمْ، وَيَأْمُرُهُمْ فَإِنْ كَانَ يُرِيدُ أَنْ يَقْطَعَ بَعْثًا قَطَعَهُ، أَوْ يَأْمُرَ بِشَيْءٍ أَمَرَ بِهِ، ثُمَّ يَنْصَرِفُ
“Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam keluar di hari Idul Fitri dan Idul Adha menuju lapangan tempat sholat, maka yang pertama beliau lakukan adalah sholat, kemudian beliau bangkit lalu menghadap manusia dan mereka dalam keadaan duduk di shaf-shaf mereka, maka beliau menasihati, memberi wasiat dan memerintahkan mereka. Apabila beliau ingin memutuskan pengutusan sekelompok sahabat maka beliau memutuskannya, atau apabila beliau ingin memerintahkan sesuatu maka beliau memerintahkannya, kemudian beliau pergi.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]
sholat eid dilapangan

Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata,

هذا دليل لمن قال باستحباب الخروج لصلاة العيد إلى المصلى وأنه أفضل من فعلها في المسجد، وعلى هذا عمل الناس في معظم الأمصار، وأما أهل مكة فلا يصلونها إلا في المسجد من الزمن الأول
“Ini adalah dalil bagi ulama yang berpendapat disunnahkan keluar untuk sholat hari raya di lapangan, dan bahwa itu lebih afdhal dilakukan daripada di masjid, dan inilah yang diamalkan manusia di kebanyakan negeri, adapun penduduk Makkah tidaklah mereka sholat kecuali di masjid sejak zaman yang pertama.” [Syarhu Muslim, 6/177]

➡ Faidah: Sebagian ulama berdalil dengan hadits ini untuk menguatkan pendapat bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam berkhutbah di hari raya tanpa mimbar dan beliau hanya melakukan sekali khutbah, tanpa duduk pemisah antara dua khutbah. Al-Imam Al-Bukhari rahimahullah menyebutkan hadits ini dalam bab yang beliau beri judul,

بَابُ الخُرُوجِ إِلَى المُصَلَّى بِغَيْرِ مِنْبَرٍ
“Bab Keluar Menuju Lapangan Tempat Sholat Tanpa Mimbar.” [Shahih Al-Bukhari]

Asy-Syaikh Ibnul ‘Utsaimin rahimahullah berkata,

ومن نظر في السنّة المتفق عليها في الصحيحين وغيرهما تبين له أن النبي صلّى الله عليه وسلّم لم يخطب إلا خطبة واحدة، لكنه بعد أن أنهى الخطبة الأولى توجه إلى النساء ووعظهنّ، فإن جعلنا هذا أصلاً في مشروعية الخطبتين فمحتمل، مع أنه بعيد؛ لأنه إنما نزل إلى النساء وخطبهنّ لعدم وصول الخطبة إليهن وهذا احتمال. ويحتمل أن يكون الكلام وصلهن ولكن أراد أن يخصهنّ بخصيصة، ولهذا ذكرهنّ ووعظهنّ بأشياء خاصة بهنّ
“Barangsiapa meneliti As-Sunnah yang disepakati atasnya dalam Shahih Al-Bukhari, Muslim dan selain keduanya akan jelas baginya bahwa Nabi shallallahu’alaihi wa sallam tidak berkhutbah (di hari raya) kecuali satu khutbah, akan tetapi setelah beliau menyelesaikan khutbah pertama beliau menuju kaum wanita dan menasihati mereka, apabila kita jadikan ini sebagai dalil disyari’atkan dua khutbah maka ada kemungkinan meski jauh, karena beliau hanyalah turun menuju kaum wanita dan berkhutbah kepada mereka karena suara khutbah beliau tidak sampai ke mereka, ini satu kemungkinan. Kemungkinan lain suara beliau telah sampai kepada mereka, akan tetapi beliau ingin memberi nasihat khusus kepada mereka, oleh karena itu beliau mengingatkan dan menasihati mereka dengan perkara-perkara khusus bagi mereka.” [Asy-Syarhul Mumti’, 5/146]

✍ Ustadz Sofyan Cholid Ruray Hafizhohullohu ta'ala.

Tidak ada komentar: