saudaraku, Janganlah remehkan sesuatu yg kecil dan sederhana

Dalam masalah kemaksiatan sahabat Abu Bakar -rodhiallohu anhu- pernah mengatakan:

"Sungguh Allah bisa saja mengampuni dosa besar, maka janganlah engkau putus asa (karenanya). Dan bisa saja Dia mengazabmu karena dosa kecil, maka janganlah engkau terlena (karenanya)". [Syarah Shahih Bukhori, karya Ibnu Batthol, 10/203].

Sedangkan dalam masalah ketaatan, Ibnul Mubarok -rohimahullah- pernah mengatakan:

"Betapa banyak amalan kecil, dibesarkan oleh niat. (Sebaliknya) betapa banyak amalan besar, dikecilkan oleh niat". [Jami'ul Ulum Wal Hikam, karya Ibnu Rojab, 1/71].
Janganlah remehkan sesuatu yg kecil dan sederhana

Hal ini juga telah ditegaskan oleh Nabi -shallallahu alaihi wasallam- dalam sabdanya:

"Jangan sampai engkau meremehkan kebaikan apapun!, walaupun hanya menemui saudaramu dg wajah yg bersahabat". [HR. Muslim: 2626].

Lihatlah bagaimana beliau memberikan contoh perbuatan yg kecil dan sederhana, namun demikian, beliau melarang kita meremehkannya.

Jika kita melatih diri untuk memperhatikan yg kecil², insyaAllah yg besar akan semakin kita perhatikan.. sebaliknya bila kita sering menyepelekan yg kecil², maka lambat laun kita juga akan menyepelekan sesuatu yg besar.

Semoga bermanfaat.. dan silahkan dishare..

[ ustadz musyafa addariny.lc.ma ]
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: