IBX5A47BA52847EF BAHKAN ANAK-ANAK SALAF PUN MENGINGKARI PEMAKAN HARTA RIBA

BAHKAN ANAK-ANAK SALAF PUN MENGINGKARI PEMAKAN HARTA RIBA

Dahulu Habib bin Muhammad al-'Ajami¹-rahimahullah-adalah seorang pedagang. Dia meminjamkan beberapa dirham (untuk diambil bunganya-pent). Pada suatu hari dia melewati beberapa anak kecil yang sedang bermain.

Lalu sebagian mereka berkata: "Telah datang si pemakan riba!"

Maka Habib pun menundukkan kepalanya dan dia berkata:

"Wahai Rabb (Tuhan) ku, engkau telah menyebarkan rahasiaku (bahkan) pada anak-anak kecil."

Lalu dia pulang. Kemudian dia memakai baju yang terbuat dari bulu domba (wol). Dia membelenggu tangannya, dan meletakkan hartanya di hadapannya. Lalu dia berkata:

" Wahai Rabbku, sungguh aku akan membeli diriku dari-Mu dengan harta ini. Maka bebaskanlah aku (dari adzab-Mu)."
PEMAKAN HARTA RIBA

Ketika pagi tiba, beliau menyedekahkan semua harta beliau.

Lalu beliau serius beribadah. Maka (setelah peristiwa itu), tidaklah beliau terlihat kecuali dalam keadaan berpuasa, atau shalat malam, atau dalam keadaan berdzikir, atau dalam keadaan sedang shalat.

Lalu suatu hari beliau melewati anak-anak yang pernah mencela beliau sebagai pemakan riba. Ketika mereka melihat beliau, berkata sebagian mereka:

"Diamlah kalian! Sungguh telah datang Habib sang ahli ibadah."

Maka beliau pun menangis.

Tahdzibul Kamal 5/390
Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)
@goresanfawaid

Muraja'ah: al-Ustadz Abu 'Utsman Kharisman hafizhahullah

Catatan Kaki:

1. Beliau adalah al-Imam Habib bin Muhammad al-'Ajami Abu Muhammad al-Bashri, seorang yang zuhud, tsiqah(terpercaya), dan ahli ibadah (lihat Taqribut Tahdzib no 1104). Beliau adalah murid al-Imam al-Hasan al-Bashri. Beliau dikenal sebagai orang yang selalu dikabulkan doanya oleh Allah. Diantara kisah menakjubkan yang pernah beliau alami, pernah di suatu hari al-Hasan al-Bashri bersembunyi dari kejaran tentara al-Hajjaj(seorang penguasa yang sangat zhalim) di rumah Habib bin Muhammad.

Ketika mereka hendak masuk ke rumah beliau untuk mencari al-Hasan, maka beliau mempersilahkan mereka masuk. Ternyata mereka tidak menemukan al-Imam al-Hasan al-Bashri rahimahullah padahal beliau saat itu berada di depan mereka di dalam rumah. Allah menghalangi mata para tentara tersebut sehingga mereka tidak bisa melihat al-Hasan al-Bashri.
=============================

حتى أطفال السلف كانوا ينكرون على آكل الرّبا ‼
( كان حبيب بن محمد العجمي - رحمه الله - رجلاً تاجراً يُعِيرُ الدراهم ، فمرَّ ذات يوم بصبيان يلعبون، فقال بعضهم : قد جاء آكل الربا ! فنكَّس رأسه، وقال : يا رب أفشيْتَ سري إلى الصبيان ، فرجع فلبس مدرعة من شعر وغل يده ، ووضع ماله بين يديه ، وجعل يقول : يا رب إني اشتري نفسي منك بهذا المال فأعتقني ، فلما أصبح تصدَّق بالمال كله ، وأخذ في العبادة فلم يُرَ إلاَّ صائماً أو قائماً أو ذاكراً أو مُصلياً، فمرَّ ذات يوم بأولئك الصبيان الذين كانوا عيَّروه بأكل الربا، فلمَّا نظروا إليه قال بعضهم : اسكتوا فقد جاء حبيب العابد ، فبكى )
📙تهذيب الكمال ٥ / ٣٩٠
http://cutt.us/WRFgL
--------------------🔺-------------------
Whatsapp Salafy Solo
Channel Telegram: Https://tlgrm.me/salafysolo
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu laptop core i7
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->