IBX5A47BA52847EF Perbedaan Pendapat Jumlah Rokaat Tarawih Bukan Masalah Prinsip

Perbedaan Pendapat Jumlah Rokaat Tarawih Bukan Masalah Prinsip

Syaikh Al-'Allamah bin Baz berkata:

ومن الأمور التي قد يخفى حكمها على بعض الناس:ظن بعضهم أن التراويح لا يجوز نقصها عن عشرين ركعة، وظن بعضهم أنه لا يجوز أن يزاد فيها على إحدى عشرة ركعة أو ثلاث عشرة ركعة، وهذا كله ظن في غير محله بل هو خطأ مخالف للأدلة
"Di antara perkara yang tersamar hukumnya atas sebagian orang bahwa sebagian mereka menyangka sholat tarawih tidak boleh kurang dari 20 rokaat. Sebagian lagi menyangka tidak boleh lebih dari 11 atau 13 rokaat. Semua ini adalah perkiraan yang bukan pada tempatnya. Bahkan ini jelas kesalahan yang menyelisihi dalil.

وقد دلت الأحاديث الصحيحة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم على أن صلاة الليل موسع فيها ، فليس فيها حد محدود لا تجوز مخالفته
Hadits-hadits yang shohih menunjukkan bahwa sholat malam perkaranya sangat lapang, jumlah rokaatnya tidak dibatasi oleh jumlah-jumlah tertentu maka tidak boleh menyelisihi sunnah beliau. (Kemudian Syaikh menyebutkan riwayat, "Sholat malam dua rokaat dua rokaat")

Jumlah Rokaat Tarowih

ومن تأمل سنته صلى الله عليه وسلم علم أن الأفضل في هذا كله هو صلاة إحدى عشرة ركعة ، أو ثلاث عشرة ركعة، في رمضان وغيره؛ لكون ذلك هو الموافق لفعل النبي صلى الله عليه وسلم في غالب أحواله، ولأنه أرفق بالمصلين وأقرب إلى الخشوع والطمأنينة، ومن زاد فلا حرج ولا كراهية كما سبق
Akan tetapi bagi siapa saja yang memperhatikan sunnah Nabi shollallahu 'alaihi wasallam dia akan mengetahui bahwa yang paling utama adalah sholat malam sebanyak sebelas rokaat atau tigabelas rokaat baik di bulan Romadhon maupun di selainnya. Hal itu yang lebih mencocoki perbuatan beliau shollallahu 'alaihi wasallam dikebanyakan waktunya, lebih ringan bagi orang yang sholat, lebih dekat kepada kekhusyuan dan thuma'ninah. Namun bagi siapa saja yang ingin menambah jumlah rokaatnya maka tidak masalah dan tidak dimakruhkan sebagaimana yang dijelaskan." (Diringkas dari Majmu' Fatawa 15/18-19)

Maka hendaknya saling berlapang dada dalam masalah ini. Jangan menjadi sebab kegaduhan atau berlebihan lantaran menafikan pendapat yang lain. Apalagi para Ulama telah berijma' bahwa jumlah rokaat sholat malam tidak terbatas sebagaimana yang disebutkan oleh Al-Hafidzh Ibnu Abdil Barr, Al-'Iroqi, dan Al-Qodhi 'Iyadh.

Al-Ustâdz Fikri Abul Hasan
Artikel manhajul-haq
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
broadcast whatsapp 1hari 1ilmu
dukung operasional dan pengembangan dakwah online, salurkan ke 3343-01-023572-53-6 (rek bri simpedes) a/n Atri Yuanda
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki

-->