Setiap Muslim harus tahu pentingnya menuntut ilmu

Bismillaah.

"Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wa Jalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah shodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di Dunia dan di Akhirat." (HR. Ar-Rabii’)

"Menuntut ilmu adalah wajib atas setiap muslim." (HR. 'Ibnu Majah)

Setiap Muslim harus tahu pentingnya menuntut ilmu

"Tuntutlah ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikap rendah hatilah terhadap orang yang mengajar kamu." (HR. Ath-Thabrani)

"Apabila kamu melewati taman-taman surga, minumlah hingga puas." Para Sahabat Nabi - rodhiyollohu 'anhum - bertanya, “Yaa Rosuululloh, apakah yang dimaksud dengan taman-taman surga itu?” Nabi - shollollohu 'alaihi wa sallam - menjawab, “Majelis-majelis ta'lim.” (HR. Ath-Thabrani)

"Apabila muncul bid’ah-bid’ah di tengah-tengah umatku wajib atas seorang ‘alim menyebarkan ilmunya (yang benar). Kalau dia tidak melakukannya maka baginya laknat Allah, para malaikat, dan seluruh manusia. Tidak akan diterima shodaqohnya dan kebaikan amalannya." (HR.Ar-Rabii’)

Ilmu yang wajib dipelajari, adalah ilmu Agama yang mendasar dan murni. Lalu barulah ilmu lain seperti Sains, Ekonomi, Bisnis, Politik, Manajemen, Teknik, Budaya, dll.

Pesan Imaam asy-Syafi'i rahiimahulloh: "Bila kau tak dapat menahan kelelahan belajar, maka kau harus menahan keperihan kebodohan."

Semoga bermanfaat. Alhamdulillaah.

- Abu Taqi Mayestino -
Info Penting:
dengan klik share, anda telah membantu admin terus semangat update artikel dan jika Terdapat kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki.

No comments: