IBX5A47BA52847EF Semua Makhluk Dapat Mendengarnya Kecuali Manusia...

Semua Makhluk Dapat Mendengarnya Kecuali Manusia...

Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam bersabda:

إِذَا وُضِعَتِ الجنازةُ و احْتَمَلَهَا النَّاسُ أَوِ الرِّجَالُ عَلَى أعناقِهِمْ، فَإنْ كَانَتْ صَالِحَةً، قالتْ: قَدِّمُونِي، قَدِّمُونِي، وَإنْ كَانَتْ غَيْرَ صَالِحَةٍ، قالتْ: يَا وَيْلَهَا! أَيْنَ يَذْهَبُونَ بها؟ يَسْمَعُ صَوْتَها كُلُّ شَيْءٍ إلا الإنْسانُ، وَ لَوْ سَمِعَهُ صَعِقَ
"Jika jenazah telah diletakkan dan dibawa oleh orang-orang atau orang laki-laki diatas pundak mereka; jika jenazah itu orang sholih, maka ia berkata: segerakan aku, segerakan aku. Dan jika jenazah itu bukan orang sholih, maka ia berkata: celaka, kemana mereka hendak membawanya? Semuanya dapat mendengar suaranya kecuali manusia. Jika manusia dapat mendengarnya, pasti ia akan pingsan".(HR. Bukhori)

Semua Makhluk Dapat Mendengarnya Kecuali Manusia...

Beberapa Kesimpulan Terkait Dengan Hadits Tersebut:

1. Yang disyariatkan membawa jenazah ke kuburan adalah laki-laki, bukan perempuan, kecuali dalam kondisi terpaksa.

2. Wanita tidak boleh mengantar jenazah ke kuburan.

3. Disunnahkan menyegerakan pengurusan jenazah; temasuk didalamnya adalah menyegerakan penguburannya.

4. Saat jenazah dibawa ke kuburan, Alloh ta'ala memperlihatkan tempat tinggalnya dan apa yang telah disiapkan untuknya, sehingga membuat orang beriman sangat ingin segera menikmati kemulyaan yang telah disiapkan untuknya tersebut, sebaliknya orang kafir, orang fasik sangat gelisah, sangat takut dengan pedihnya adzab yang telah menanti.

5. Ada sebagian suara-suara yang bisa didengar oleh semua makhluk selain manusia, sedangkan manusia tidak mampu mendengarnya. Dan yang demikian ini termasuk bagian dari mukjizat dimana ilmu pengetahuan modern saat ini mengakui hal yang demikian.
♻ Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini, semoga bermanfaat. Jazakumullahu khoiron
Disclaimer: jika ada kesalahan dari sisi penulisan, ukuran font, link rusak, sumber referensi dll harap konfirmasi via whatsapp ke 0895629036221 untuk diperbaiki