Meminta Ilmu Yang Bermanfaat Kepada Allah

● Karena Allahlah yang telah mengajari seseorang dari kejahilan menuju ilmu. Maka wajib kita meminta taufiqnya agar kita selalu mendapatkan keberkahan dariNya.

● Hendaknya seorang penuntut ilmu senantiasa meminta pertolongan kepada Allah, berdoa kepadaNya, tidak terperdaya terhadap usaha dirinya di dalam menuntut ilmu.

● Allah telah memerintahkan NabiNya ﷺ untuk berdoa meminta tambahan ilmu.

Allah berfirman:

(وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا)
Dan katakanlah: "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan". [Surat Ta-Ha 114]

● Rasulullah ﷺ telah berdoa meminta tambahan ilmu yang bermanfaat. Maka hendaklah kita berdoa meminta tambahan ilmu yang bermanfaat seperti doanya Rasulullah ﷺ, karena di dalam diri beliau terdapat uswah hasanah.

● Rasulullah ﷺ berdoa ketika selesai salam pada shalat subuh, di waktu yang sangat diberkahi Allah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا
Ya Allah, aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima. (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan An Nasa'i)

• Juga beliau ﷺ berdoa:

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّار
Ya Allah! Berilah manfaat terhadap apa yang telah Engkau berikan kepadaku, ajarkanlah kepadaku sesuatu yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji hanya milik Allah pada semua kondisi (baik kondosi bahagia maupun susah) dan aku berlindung kepada Allah dari perbuatan penduduk neraka. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah )

Meminta Ilmu Yang Bermanfaat Kepada Allah

● Rasulullah ﷺ memerintahkan kita untuk meminta Ilmu yang bermanfaat, ilmu yang membuahkan amal, sebagaimana Allah memerintahkan kepada Nabinyaﷺ .

Rasulullah ﷺ bersabda:

سَلُوا اللَّهَ عِلْمًا نَافِعًا وَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ
"Memintalah kalian kepada Allah ilmu yang bermanfa'at, dan berlindunglah kalian kepada Allah dari ilmu yang tidak bermanfaat." (HR. Ibnu Majah)

● Hendaklah seorang penuntut ilmu berdoa kepada Allah agar dihindarkan dari ilmu yang tidak bermanfaat, seperti ilmu kalam, ilmu filsafat, ilmu hukum sekuler dan lain lain.

Rasulullah ﷺ berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا
Ya Allah ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak berguna, hati yang tidak khusyu', diri yang tidak pernah puas, dan doa yang tidak terkabulkan. (HR. Muslim)

Oleh: Aris Saifuddin Ar Rifqany
______________________________
support channel youtube DAKWAHPOST dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: