Berinfaqlah wahai anak adam

Dari Abu Hurairah Rhadiallahu 'anhu. Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam. memberitahukan kepadanya :

قَالَ الله تَعَالَى أَنْفِق يا ابن آدم أُنْفِق عليك
“Allah Yang Mahasuci lagi Maha Tinggi berfirman : berinfaqlah wahai anak adam, niscaya Aku berinfaq (memberi rezeki) kepadamu” (HR. Bukhari Muslim)

Berinfaqlah wahai anak adam

ISI KANDUNGAN HADITS :

1. "Allahu Akbar. Betapa besar jaminan orang yang berinfaq di jalan Allah. Betapa mudah dan gampang jalan mendapatkan rezeki. Seorang hamba berinfaq di jalan Allah, lalu Dzat Yang DitanganNya kepemilikan segala sesuatu memberikan infaq (rezeki) kepadanya. Jika seorang hamba berinfaq sesuai dengan kemampuanya maka Dzat Yang memiliki perbendaharaan langit dan bumi serta kerajaan segala sesuatu akan memberi infaq (rezeki) kepadanya sesuai dengan keagungan, kemuliaan dan kekuasanNya. dimaksud infaq di sini adalah infaq yang dianjurkan dalam agama. Seperti berinfaq kepada orang-orang fakir dan berinfaq) di jalan Allah untuk menolong agama."

2. Orang yang berinfaq di jalan Allah, akan diganti oleh Allah di dunia. Disamping, tentunya apa yang disediakan oleh Allah baginya dari pahala yang besar di akhirat.

3. Berinfaq Di Jalan Allah Adalah Diantara Kunci-Kunci Rezeki.

Dari Abu Hurairah Rhadiallahu 'anhu. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

مَا مِنْ يَومٍ يُصْبِخُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ، فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
"Tidaklah para hamba berada di pagi hari kecuali di dalamnya terdapat dua malaikat yang turun. Salah satunya berdo’a, ‘Ya Allah, berikanlah kepada orang yang berinfaq ganti (dari apa yang ia infaqkan)’. Sedang yang lain berkata, ‘Ya Allah, berikanlah kepada orang yang menahan (hartanya) kebinasaan (hartanya)” (HR. Muslim)

AYAT AL QUR'AN YANG BERKAITAN DENGAN HADITS :

1. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَآءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗ وَمَاۤ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚ وَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ
"Katakanlah, Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dan apa saja yang kamu infaqkan, Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang terbaik." (QS. Saba'/34, Ayat : 39)

2. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ ۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ
"Perumpamaan orang yang menginfaqkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah Ayat : 261)

Demikian, semoga bermanfaat,.

Tidak ada komentar: