Begini Langkah-langkah Cek Visa Progresif Umroh


Tahukah sahabat AET? Kebijakan visa progresif (vispro) umroh sudah mulai diterapkan Kerajaan Arab Saudi sejak akhir 2018 lalu. Biaya untuk pengurusan visa ini lebih mahal daripada visa umroh biasa, yaitu besaran biayanya 2000 Riyal atau sekitar 7,6 juta rupiah. Wah, mahal juga, ya? Tetapi kebijakan ini tidak dikenakan untuk semua jamaah umroh.

Untuk jamaah yang pertama kali umroh tidak akan dikenakan kebijakan ini sama sekali. Ketentuan kebijakan ini hanya berlaku kepada jamaah umroh yang pernah berangkat umroh saja. Lalu bagaimana cara memastikan bahwa seseorang yang ingin umroh terkena visa progresif?

Kebijakan visa progresif ini tujuannya adalah untuk menghindarkan seorang muslim terlalu sering melaksanakan umroh. Sehingga tingkat kunjungan umroh ke Saudi dapat dikendalikan oleh pemerintah Saudi. Sebab dahulu, sebelum visa progresif diterapkan, seseorang dapat melaksanakan umroh setiap tahun, bahkan 2-3 kali setahun.

Visa progresif berlaku selama 3 tahun kalender hijriah. Artinya apabila seseorang pernah berangkat umroh, maka ia akan dikenakan visa progresif selama 3 tahun hijriah berikutnya, tahun hijriah ke-4 barulah visa progresifnya diputihkan.

Karena baru diberlakukan pada akhir 2018 atau tahun 1440 Hijriah, maka bagi jamaah yang pernah berangkat pada tahun hijriah 1438 dan 1439 akan terkena visa progresif. Bagi jamaah yang pernah berangkat di bawah tahun 1438 H tidak akan terkena.

Oleh sebab itu, bagi sahabat AET ataupun handai taulan sahabat yang pernah umrah dan ingin berangkat umrah kembali bisa langsung cek statusnya apakah terkena vispro atau tidak di sistem pengecekan online lewat desktop (computer/laptop) atau mobile (smartphone) dengan mengunjungi Website Resmi Kementerian Haji Saudi Arabia klik link:

Begini Langkah-langkah Cek Visa Progresif Umroh

https://eservices.haj.gov.sa/eservices3/pages/VisaInquiry/SearchVisa.xhtml?dswid=4740

Maka akan muncul tampilan seperti ini (untuk desktop)

Situs ini belum menggunakan bahasa Indonesia. Hanya menggunakan bahasa Arab, Inggris dan Prancis saja, panduan untuk mengecek apakah sahabat terkena vispro atau tidak adalah dengan mengisi kolom-kolom di halamannya sebagai berikut :

1. Pilih Negara Indonesia
2. Masukan nomor Paspor (Contoh: B123456)
3. Masukan Image Code
4. Klik Search

Jika tidak terkena visa progresif maka akan muncul keterangan bahwa nomor paspor sahabat bebas progresif. Tetapi apabila terkena vispro maka akan muncul juga keterangan visa progresif yang harus dibayarkan sebesar SAR 2000.

repost from whatsapp group umroh SG

______________________________
support channel youtube DAKWAHPOST dengan klik subcribe dibawah ini, syukon sobat
______________________________
Info Penting:
yuk share artikel dakwahpost.com, jika ada kesalahan atau saran membangun, koment aja di kotak komentar yang tersedia di bawah teman-teman. syukron atas perhatiannya

No comments: