-->

foto wanita muslimah indonesia pada zaman kolonial

foto wanita muslimah indonesia pada zaman kolonial

Inilah potret beberapa wanita muslimah Indonesia tempo dulu zaman kolonial yang tersimpan di pengarsipan negeri Belanda. Nampak berjilbab rapi dan syar'iy, walau mungkin masih ada kekurangan. Berbeda halnya dengan fashion ibunda skuad satpam penjaga dangdutan yang cuma demen naruh kain lap di atas kepalanya.

Foto pertama merupakan koleksi Digital Collection Leiden University Libraries dengan judul “Maleise priesteressen, vermoedelijk uit Pajakoemboh”. Diterbitkan sekitar tahun 1867.

Foto kedua sama dengan judul “Huwelijksceremonie volgens de Adat Lampoeng Pepadon in de Lampongse districten”. Foto terbit sekitar tahun 1900.

Foto ketiga merupakan koleksi Nationaal Museum van Wereldculturen dengan judul "Portret van de vrouw en zuster van Panglima Polem”.

Foto keempat, ibu yang menggendong anaknya, tersimpan di Tropenmuseum Amsterdam dengan judul "Portret van een vrouw met kind uit Sarolangoen te Djambi".

fb Dony Arif Wibowo
Baca Juga
    Info Penting:
    langganan artikel | menerima tulisan, informasi dan berita untuk di posting | menerima kritik dan saran, WhatsApp ke +62 0895-0283-8327

    Tidak ada komentar: